Elemen Ini Dapat Difungsikan Sebagai Peredam Panas Matahari

Untuk dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan, ada baiknya memperhatikan letak dan bentuk bangunan. Sedangkan untuk meredam panasnya, Anda bisa memanfaatkan tanaman.

Pemanfaatan tanaman selain meredam panas matahari sore juga memberikan kesejukan pada ruang.

RumahHokie.com (Jakarta) – Rumah yang menghadap arah Barat terkadang akan terganggu oleh panas matahari, terutama menjelang sore. Pancaran sinarnya bikin sebagian ruang jadi terasa panas, aktivitas Anda di sore hari pun jadi enggan dilakukan.

Untuk mencermati hal tersebut, ada trik sederhana yang dapat Anda dilakukan. Agar hunian terasa nyaman waktu sore hari, ada beberapa tips cerdas yang dapat Anda lakukan, berikut ini tips singkatnya.

Pertama, untuk dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan di siang atau sore hari, ada baiknya memperhatikan letak dan bentuk bangunan. Ini ditujukan untuk mengetahui letak ruang mana saja yang wajib diterangi oleh pencahayaan alami itu.

Artinya, Anda dapat menempatkan jendela di sisi bangunan tersebut. Supaya pencahayaannya bisa terkontrol, Anda bisa menambahkan kanopi pada jendelanya.

Trik ini bisa dicermati untuk mengetahui jatuh cahayanya, sehingga cahaya tersebut dapat menyesuaikan kebutuhan penerangan pada ruang. Namun, jika ingin meredam panas pada fasad bangunan, Anda dapat membuat semacam kanopi atau selasar berbentuk carport.

Baca juga: Warna Terang Ini Mampu Ciptakan Ketenangan dan Kesegaran Ruangan

Penempatan elemen ini selain difungsikan sebagai peredam cahaya juga dapat mempercantik tampilan hunian. Panas jadi dapat terhalangi, tapi sirkulasi udara atau sinar bisa langsung masuk ke dalam ruangan.

Kalaupun rumah Anda tidak bisa ditambahkan kanopi pada bentuk mukanya (jendela). Trik lainnya bisa menempatkan jalusi-jalusi pada jendela di bagian dalamnya.

Fungsi utama penempatan jalusi tersebut selain meminimalisasi pencahayaan, efek cahaya yang masuk jadi tidak sekeras cahaya tanpa jalusi. Penggunaan jalusi bisa memanfaatkan material kayu atau aluminium.

Elemen Peredam Panas
Hal lain untuk meredam cahaya bisa menambahkan sentuhan tanaman sebagai pemanis bentuk fasad. Sentuhan tersebut tentunya akan menghasilkan kesan asri.

Pemanfaatan tanaman atau vegetasi selain meredam panas matahari sore juga memberikan kesejukan pada ruang. Dengan demikian, hunian jadi terlihat lebih hijau dan udara pun akan terasa sejuk ke dalam rumah.

Selain memanfaatkan tanaman, Anda juga bisa menambahkan elemen lain pada dinding luar rumah. Elemen ini difungsikan sebagai peredam yang mampu menangkal efek panas pada dinding yang terkena sinar matahari langsung.

Penggunaan material yang dipilih dapat berupa kayu atau batu alam sebagai muka bangunan. penempatannya bisa diletakkan pada sisi luar yang kerap disinari matahari. Dengan demikian, efek panas tidak terasa di dalam ruang.

Semoga tips singkat ini bermanfaat, selamat mencoba.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda