Era Revolusi Industri 4.0 Berdampak Pada Tren Properti

Era revolusi industri 4.0 yang berjalan melalui teknologi Internet of Things (IoT) mampu memberi dampak signifikan terhadap tren desain pada aset properti dan perubahan gaya hidup masyarakat saat ini.

Era revolusi industri 4.0, tren interior 2019
Ilustrasi tren interior. (Foto: freshome)

RumahHokie.com (Jakarta) – Indonesia saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0. Periode ini berpusat pada penggabungan antara teknologi otomatisasi dengan kecanggihan cyber.

Pengaruhnya tidak sebatas dirasakan oleh perkembangan produk elektronik saja, ternyata era revolusi industri 4.0 ini pun berdampak pula pada tren yang terjadi dalam desain properti.

Terkait hal itu, Rohadi, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat menjelaskan era revolusi industri yang berjalan melalui teknologi Internet of Things (IoT) sangat mempengaruhi tren desain pada aset properti dan perubahan gaya hidup masyarakat saat ini.

Baca Juga: Desainer: Gaya Eklektik Akan Mewarnai Tren Interior Hunian 2019

“Era revolusi industri ini membawa dampak pada gaya hidup masyarakat, terutama di tengah generasi milenial. Contohnya saja ketika memilih indekos atau menyewa apartemen, saat ini mereka menginginkan hunian yang sudah fully furnished dan dilengkapi oleh fasilitas Wi-Fi,” ujar Rohadi saat konfrens pers Homedec 2019, Rabu (23/01/2019) di Jakarta.

Menurutnya, kaum milenial saat ini tak mau repot-repot mencari barang untuk kebutuhan interior huniannya. Mereka akan memanfaatkan gawai untuk mencari inspirasi serta kebutuhan dekorasi rumahnya.

Rohadi mengatakan, tren penggunaan teknologi yang serba cepat ini pun yang tentunya juga harus dibaca pula oleh para desainer interior, sehingga mereka dapat mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Mengisi Tren Interior Rumah di Tahun 2019

Kemajuan teknologi yang sangat cepat pada era revolusi industri 4.0 pun mendorong tren konsep smart home. Di Indonesia, bisnis smart home sudah mulai dilirik dan diminati dengan serius oleh berbagai kalangan.

Dalam kesempatan yang sama, Nuarista Edi Nugraha, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, menerangkan tren industri interior yang berkembang saat ini tak terlepas dari ide dan konsep fast (cepat), follower (pengikut), film, fashion, dan fantacy.

Baca Juga: Hadir di Jakarta dan Tangerang, Pameran Homedec 2019 Bidik Pengunjung Milenial

Ia melihat, hal ini berkaitan dengan tren generasi milenial yang mendominasi dalam pemanfaatan teknologi IoT. Jadi, segala sesuatu harus serba cepat, instan dan dilihat secara langsung.

“Dahulu pemilik rumah jika ingin membeli sofa penuh pertimbangan karena harus kuat tujuh turunan. Akan tetapi saat ini mereka lebih mudah membeli furnitur dan mengganti warna cat dinding, berdasarkan mood dan tren,” kata Nugraha mengakhiri.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda