Feng Shui dan Simbol-simbol Pembawa Energi Chi

Chi (Qi) tak hanya datang dari benda di luar atau di dalam bangunan. Energi Qi yang baik bisa muncul dari harapan-harapan orang akan sesuatu yang baik.

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.comEnergi Chi (Qi) tidak hanya datang dari benda-benda yang berada di luar bangunan atau dari dalam bangunan. Energi Qi yang baik, bisa muncul dari adanya harapan-harapan orang akan sesuatu yang baik.

Misalnya, sepasang kekasih atau suami-istri mengharapkan dalam kehidupannya akan selalu bisa meningkatkan cinta, kedamaian dan keharmonisan. Kemudian mereka memasang dekorasi (lukisan) pada dinding kamar tidur yang menggambarkan ketiga hal tersebut, misalnya berupa tulisan “Love, Peace, and Harmony”.

Setiap kali mereka berada di dalam kamar tidur, mereka selalu diingatkan pada ketiga simbol tulisan ini dan memiliki harapan-harapan yang sesuai dengan apa yang tertulis.

Baca Juga: Tips Mengatur Energi Chi Agar Rumah Membawa Hoki

Nah, harapan-harapan dari penghuni rumah ini merupakan suatu kekuatan atau suatu Energi Positif yang bisa muncul dalam rumah ini. Sebagai teman satu rumah, tidak heran jika suatu ketika ketegangan terjadi antara mereka. Saat mungkin akan terjadi pertikaian, simbol cinta, damai, dan keharmonisan akan mengingatkan dan meredakan amarah mereka. Inilah yang dinamakan Qi, tetapi energi ini tidak kasat mata.

Perasaan, emosi, dan doa-doa merupakan suatu kekuatan yang tidak bisa diabaikan. Ini akan memberikan energi yang positif di dalam ruangan tersebut.

Gambar-gambar yang menyimbolkan hal-hal baik diharapkan penghuni rumah akan menjadi kekuatan dahsyat dan ikut meningkatkan kualitas feng shui di dalam rumah.

Posisi benda-benda simbolis ini sebaiknya diletakkan pada tempat-tempat yang mudah terlihat di ruangan itu, karena tujuannya untuk memberi efek psikis bagi yang melihatnya.

feng shui simbol - porselen - keramik cina - rumahhokie - dok

Di sisi lain, sebagian orang beranggapan, tidak ada gunanya feng shui rumah ditata dengan baik, tetapi tidak diisi dengan cinta, kasih sayang, dan keharmonisan penghuni.

Marah, benci, dengki, percekcokan, termasuk KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) merupakan sumber Qi yang buruk. Oleh sebab itu, penambahan dekorasi dengan simbol-simbol yang memiliki makna baik akan meningkatkan kualitas lingkungan feng shui di dalam rumah.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Rumah Ideal Bagi Pasangan Muda

Simbol lain yang baik ada di dalam rumah adalah bunga. Kembang tidak hanya elok dipandang dan wangi, dia juga menjadi simbol keindahan hidup. Apalagi jika diletakkan pada vas yang terbuat dari porselen (keramik cina), efek positifnya akan mendorong Qi ke seluruh ruangan. Dalam ilmu feng shui, bunga juga bisa menetralisir pengaruh-pengaruh buruk yang ada di ruangan tersebut.

feng shui simbol - lukisan ikan - rumahhokie - dok

Penggunaan benda-benda yang memiliki simbol dalam pemaknaan cukup efektif digunakan dalam rangka penyempurnaan feng shui rumah. Benda-benda simbolis, terutama yang ada pengaruh pada kesehatan dan kemakmuran sering dicari para pengguna feng shui.

Ikan merupakan obyek yang mewakili atau simbol kemakmuran. Mungkin karena dalam Bahasa Mandarin, ikan = Yu (dibaca Yi) dekat dengan bunyi kata yang menyerupai arti “kemakmuran”, sehingga tak jarang pengaruh ini diperoleh para pemakai feng shui ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merenovasi Rumah Sesuai Feng Shui?

Selain dalam bentuk lukisan, ada yang menggunakan banner dengan gambar ikan, ada pula yang memelihara ikan di dalam akuarium.

Khusus untuk masalah feng shui akuarium, Anda harus hati-hati, karena tidak boleh menempatkan akuarium pada sembarang tempat (akan dibahas pada artikel yang akan datang).

feng shui simbol - patung burung - rumahhokie - dok

Sepasang burung yang berkasih sayang, dan biasanya digunakan sepasang bebek mandarin (terbuat dari kayu) dan dicat warna-warni, merupakan simbol yang kuat untuk pengaruh asmara bagi penghuni rumah.

Baik bagi pasangan yang sudah mapan, maupun pasangan baru dan para jomblo yang belum memiliki pasangan, benda simbolis sepasang burung/bebek ini acap digunakan. Hal ini juga akan kita bahas lebih rinci dalam artikel-artikel yang akan datang.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda