Firma Arsitek Ini Akan Bangun Menara Kayu Apung Pertama di Dunia

Bentuk arsitektur dari Floating Timber Tower tersebut terinspirasi dari selembar kertas yang ditekuk hingga membentuk sebuah menara di tengahnya.

Floating Timber Tower, Waterstudio, Rotterdam
Firma arsitek asal Belanda bernama Waterstudio telah merancang sebuah menara apung untuk area pelabuhan Rotterdam. Menara ini terinspirasi dari selembar kertas yang ditekuk hingga sebuah menara terbentuk di tengahnya. (Foto: Inhabitat)

RumahHokie.com (Amsterdam) – Waterstudio, firma arsitek asal Belanda, merancang sebuah proyek menara kayu apung pertama di dunia, yang di area pelabuhan Rotterdam.

Bentuk arsitektur dari Floating Timber Tower tersebut terinspirasi dari selembar kertas yang ditekuk hingga membentuk sebuah menara di tengahnya.

Proyek menara setinggi 12 meter tersebut akan terbuat dari kayu yang dilaminasi silang, sehingga membuat strukturnya dianggap jauh lebih ringan daripada konstruksi beton

Baca Juga: Wow, Taman Terapung di Rotterdam Ini Terbuat dari Sampah Plastik

Mengutip dari Inhabitat, 02/01/2019), Koen Olthuis, pemimpin Waterstudi, menerangkan bagian dasar konstruksi menara akan terletak di platform datar, yang akan ditutupi vegetasi.

Kemudian, fasad menara dirancang dengan kolom berbentuk-V. Di dalamnya, terdapat atrium yang luas dan akan ‘dibanjiri’ dengan cahaya alami.

“Proyek ini merupakan pandangan kontemporer kami tentang arsitektur mengambang. Gedung menara kayu akan kami buat dengan material bangunan terbarukan, sehingga memberikan kota Rotterdam (landmark) berkelanjutan yang mutakhir,” ujar Olthuis.

Baca Juga: Matthew McConaughey Luncurkan Kabin Ramah Lingkungan di Australia

Di dalam menara tersebut akan merangkum ruang kantor, taman hijau publik, dan restoran dengan teras terbuka. Meskipun fungsi utama bangunan ini digunakan sebagai gedung perkantoran, dia menuturkan terdapat beberapa area yang bisa digunakan untuk publik pula.

Menara kayu di Rotterdam ini dikatakan oleh dia, juga akan menggunakan hamparan kaca besar untuk membiarkan banyak cahaya alami masuk ke interior.

Sedangkan untuk area hijau indoor dan outdoor, Waterstudio akan membuat taman yang ditanami sayuran dan tanaman lainnya.

Baca Juga: Desain Rumah Karya Zaha Hadid Ini Seperti Pesawat Luar Angkasa

Bagian dek bawah menara kayu ini, akan terdapat sebuah restoran yang memiliki teras indah, sehingga bisa memberikan pemandangan suasana pelabuhan yang menakjubkan kepada pengunjung.

Untuk ruang tambahan, halaman hijau yang subur akan membuat pekerja dan pengunjung menikmati udara segar disaat siang atau malam hari.

“Area ini dirancang untuk menjadi ruang yang fleksibel untuk berbagai fungsi dan acara sepanjang tahun,” pungkas Koen Olthuis.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda