Foto: Menilik ‘Nagara Rimba Nusa’, Pemenang Desain Ibu Kota Baru yang Terinspirasi Keindahan Kalimantan

Konsep rancangan 'Nagara Rimba Nusa' dinilai memenuhi aspek 4 pilar desain pembangunan ibu kota negara (IKN) yang ditentukan oleh pemerintah.

RumahHokie.com (Jakarta) – Beberapa hari lalu, Pemerintah Indonesia telah mengumumkan ‘Nagara Rimba Nusa’ karya tim arsitek Urban+ yang dipimpin oleh Sibarani Sofian, menjadi pemenang pertama sayembara rancang bangun ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Konsep rancangan kawasan ibu kota negara (IKN) itu, terpilih menjadi pemenang pertama, setelah melalui serangkaian penjurian dan presentasi akhir di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Proses Pembangunan Ibu Kota Baru Akan Contoh Renovasi GBK Jakarta

Konsep rancangan ‘Nagara Rimba Nusa’ dinilai memenuhi aspek 4 pilar desain pembangunan ibu kota negara (IKN) yang ditentukan oleh pemerintah.

Melansir dari website resmi Kementerian PUPR, Kamis (26/12/2019) Sibarani Sofian menerangkan bahwa desain IKN terinspirasi dari hutan belantara yang ada di Pulau Kalimantan.

Menurut dia, lokasi ibu kota baru tersebut dinilainya berbeda dengan ibu kota negara lainnya yang ada di dunia. Pasalnya, lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur mayoritas merupakan hutan.

Baca Juga: Pengamat: Pembangunan Ibukota Baru Hendaknya Tak Terjebak Konsep Desain

“Ada satu hal yang patut betul kami sadari. Bahwa memang indah Kepulauan kami ini. Mengugus, berjajarr indah alami. Di situlah letak kekuatan kami,” terang tim arsitek Urban+ dalam video presentasi karya yang diunggah di kanal Instagram resmi milik Kementerian PUPR.

Lebih lanjut, Sibarani Sofian mengatakan bahwa identitas nusa bangsa dan rimba yang dimiliki Indonesia itulah yang mereka padukan menjadi konsep desain ibu kota baru bernama ‘Nagara Rimba Nusa’.

Baca Juga: Telan Rp466 Triliun, Pembangunan Ibukota Baru Indonesia Dimulai Pertengahan 2020

Atas keberhasilan tersebut tim arsitek Urban+ berhak menerima piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp2 miliar. ‘Nagara Rimba Nusa’ merupakan salah satu karya dari lima besar karya konsep desain ibu kota negara di Kalimantan Timur yang dipilih oleh pemerintah.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Danis H Sumadilaga, yang juga selaku Ketua Tim Pelaksana Sayembara IKN menjelaskan, kompetisi desain ibu kota diikuti 755 peserta dari hampir seluruh provinsi di Indonesia, termasuk dari luar negeri.

“Sebanyak 257 karya dinyatakan lulus evaluasi administrasi. Kemudian, pada tahap penjurian dipilih 30 karya. Lalu, di tahap akhir dipilih lima karya terbaik, melalui sistem scoring berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan,” tandasnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda