Gandeng Bank Dunia, Pemerintah Perkuat Sistem Pengembangan HREIS

HREIS merupakan bagian penting dari reformasi kebijakan perumahan di Indonesia. Program ini diharapkan dapat membantu semua pemangku kepentingan.

HREIS sangatlah diperlukan untuk mendapatkan gambaran pasar (supply dan demand) yang utuh

RumahHokie.com (Jakarta) – Bahas soal pengembangan Housing and Real Estate Information System atau Sistem Informasi Perumahan dan Real Estate (HREIS).

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KementerianPUPR), melakukan rapat perdana di kantor Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan, KementerianPUPR, Kamis (06/04/2017).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, KementerianPUPR, Lana Winayanti.

Lana Winayanti mengatakan, kerjasama yang dilakukan antara pemerintah dengan World Bank (Bank Dunia) merupakan bagian penting dari reformasi kebijakan perumahan di Indonesia. Apalagi untuk pengembangan Program HREIS melalui National Affordable Housing Program (NAHP).

“Sistem informasi perumahan dan real estate sangatlah diperlukan untuk mendapatkan gambaran pasar (supply dan demand) yang utuh, sebagai masukan untuk penyusunan kebijakan dan program,” ujar Lana Winayanti.

Untuk mendapatkan gambaran mengenai pembangunan perumahan, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi pemetaan potensi pembangunan perumahan dengan pemerintah daerah, pengembang dan stakeholder lain bidang perumahan.

Terkait pembangunan perumahan, menurut Lana, saat ini banyak data dan informasi perumahan masih tersebar di berbagai pemangku kepentingan (pemerintah, pengembang, produsen, litbang, asosiasi broker dan sebagainya) yang menyulitkan masyarakat membutuhkan data dan informasi tersebut.

Lana mengingatkan kembali bahwa, Program HREIS yang ditunjang oleh sistem informasi teknologi sangat penting.

“Program ini dapat membantu semua pemangku kepentingan dibidang perumahan. Mereka bisa lebih memahami kondisi dan kebutuhan perumahan di daerah,” papar Lana.

HREIS Perkuat Sistem Pengendalian perumahan
Menurutnya lagi, selain sebagai media informasi yang membantu penyusunan kebijakan dan penetapan target perumahan yang lebih baik. HREIS juga dapat memperkuat sistem pengendalian program perumahan untuk MBR.

Di sisi lain, Dao Harrison, perwakilan dari World Bank mengatakan bahwa, Program HREIS sangat bagus karena dapat berfungsi sebagai pusat pengetahuan. Di beberapa negara, informasi mengenai perumahan tidak terpusat.

“Program ini dapat memberikan informasi untuk memahami arah dari pasar perumahan juga investasi bidang perumahan. HREIS dapat pula membantu para stakeholder dibidang perumahan dalam menetapkan atau mengontrol kebijakan bidang perumahan untuk masyarakat,” tutur Dao Harrison.

Hal senada juga disampaikan Samma Kitsin, narasumber dari Thailand yang membagikan pengalamannya di bidang real estate.

“Data dan informasi yang terkumpul pada Sistem Informasi Perumahan dan Real Estate, kami bagikan kepada pengambil kebijakan, publik dan juga para stakeholder untuk memahami pasar real estate,” terang Samma Kitsin.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda