Gandeng Partner Lokal, Lippo Group Operasikan Rumah Sakit di Shanghai

Bagi Lippo Group yang saat ini mengoperasikan 32 rumah sakit di Indonesia, Rumah Sakit Shanghai Changhang merupakan rumah sakit pertama mereka di Shanghai.

logo OUE Lippo Healthcare Ltd - rumahhokie

RumahHokie.com (Shanghai) – Anak usaha Lippo Group, OUE Lippo Healthcare Limited (OUELH) dan mitra konglomerat asal China, China Merchants, telah mencapai kesepakatan dengan China Changjiang National Shipping Group Co, untuk mendirikan perusahaan joint venture dengan nilai jutaan dolar.

Perusahaan patungan Lippo Group-China Merchants akan memegang 51% saham, sementara China Changjiang menahan sisanya. Perusahaan joint venture ini akan mengoperasikan Rumah Sakit Shanghai Changhang, yang saat ini dikelola oleh Changjiang Shipping Co.

Baca Juga: Andalkan Penjualan Hunian, Lippo Cikarang Raih Laba Bersih Rp437 Miliar

Bagi Lippo Group yang saat ini mengoperasikan 32 rumah sakit di Indonesia, Rumah Sakit Shanghai Changhang merupakan rumah sakit pertama mereka di Shanghai.

Lee Yi Shyan, Chairman OUE Lippo Healthcare mengatakan, pasar perawatan kesehatan yang berkembang pesat di China adalah kesempatan bagi kami untuk membawa pengalaman Lippo ke negara dengan populasi yang lebih besar.

“Kemitraan dengan China Merchants Group menyatukan pengalamanan dan keahlian kami dengan pengetahuan pasar lokal mereka. Melalui kerjasama dengan China Changjiang, kami berharap bisa melayani pasar kesehatan China dengan lebih baik,” kata Lee, seperti dinukil dari laman dealstreetasia.com.

Baca Juga: Pasar Properti Komersial di China Tetap Menjadi Daya Tarik Investor

OUELH sebelumnya beroperasi dengan nama International Healthway Corporation, perusahaan perawatan kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Singapura, yang merupakan anak perusahaan Lippo Group.

Awal tahun ini, OUELH mendapat investasi strategis dari perusahaan perdagangan Jepang, Itochu Corporation, melalui private placement senilai SGD78,8 juta (sekitar Rp829 miliar).

Ekspansi Rumah Sakit Siloam
Saat ini, Lippo Group memiliki investasi di beberapa negara Asia, termasuk sektor perawatan kesehatan. Untuk menambah layanan kesehatan di Indonesia, melalui jaringan Rumah Sakit Siloam International, Lippo berencana akan membuka 10 rumah sakit baru di Indonesia tahun ini.

Rencana ekspansi ambisius Rumah Sakit Siloam International ini menyusul investasi yang dikucurkan oleh kelompok ekuitas swasta mancanegara, CVC Capital, yang mengakuisisi 15% saham perusahaan sebesar USD165 juta di 2016 silam.

Baca Juga: Mandaya Medical Group Akan Bangun Rumah Sakit Bertaraf Internasional

Di luar Indonesia, Lippo—yang mengklaim sebagai salah satu grup penyedia kesehatan terbesar di Asia Tenggara—juga mengoperasikan empat rumah sakit di Myanmar dengan nama Pun Hlaing Siloam Hospitals.

Dalam laporan terbarunya, pihak Lippo Group mengatakan telah menyuntikkan modal sebesar USD44 juta kepada raksasa internet China, Tencent.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda