Gandeng REI, Bank BTN Bantu Proses Kredit dan Pemasaran Proyek Properti

Perjanjian kerjasama tersebut meyebutkan Bank BTN akan mendukung pembiayaan kredit pemilikan apartemen (KPA) atau kredit pemilikan rumah (KPR) dari produk yang dibangun pengembang anggota REI.

kerjasama-DPP-REI-Bank-BTN-KPR-KPA-kredit-anto-erawan-rumahhokie-dok
(Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Di sela acara Musyawarah Nasional organisasi pengembang Real Estat Indonesia (Munas REI) ke-16, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menandatangani perjanjian kerjasama dengan 20 pengembang anggota REI.

Penandantangan dilakukan Executive Vice President Bank BTN, Suryanti Agustinar dengan 20 direksi perusahaan pengembang anggota REI, yang disaksikan Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata dan Plt Sekretaris Jenderal DPP REI, Rahmad Yadi.

Perjanjian kerjasama tersebut meyebutkan Bank BTN akan mendukung pembiayaan kredit pemilikan apartemen (KPA) atau kredit pemilikan rumah (KPR) dari produk yang dibangun pengembang anggota REI. Sedangkan pengembang anggota REI sepakat untuk menggunakan jasa Bank BTN dalam memenuhi pembiayaan KPA dan KPR-nya.

Baca Juga: Gelar Munas ke-16, REI Ingin Regulasi Perumahan Lebih Tertata

Sementara itu, 20 pengembang anggota REI yang menjalin kerjasama dengan Bank BTN adalah: PT Elang Indonesia Sejahtera (Kepulauan Riau); PT Keyzana Putra Mandiri (Sumatera Barat); PT IMB Group, PT Ilma Mitra Sejahtera, dan PT Megatama Propindo (Sulawesi Selatan); PT Mandala Liguna Sakti, PT Beta Goldland, PT Ciputra Residence, dan PT Triniti Dinamik (Banten); PT Rahyu Sinergi (Riau); PT Bumi Mapanget Asri, PT Joas Triputra Jaya (Sulawesi Utara), PT Ajisaka (Jawa Tengah); serta beberapa pengembang DKI Jakarta, yakni PT Graha Rayhan Tri Putra, PT Alam Sutera Realty, Tbk., PT Prima Jaringan (Eureka Group), PT Ciputra, PT Metropolitan Land, Tbk., PT Gapura Prima, dan PT Sentul City, Tbk.

“Kerjasama ini diharapkan dapat membantu pengembang anggota REI, khususnya dalam pembiayaan perumahan. REI berharap kerjasama ini bisa terus dilakukan untuk lebih banyak pengembang,” kata Soelaeman Soemawinata.

Turut Membantu Pemasaran
Sementara itu, Suryanti Agustinar menuturkan, sebagai mitra REI sejak lama, Bank BTN senantiasa siap untuk mensuport kebutuhan bisnis pengembang anggota REI termasuk menyediakan KPA dan KPR untuk konsumen.

“Selain menyediakan KPA dan KPA untuk konsumen yang membeli hunian dari pengembang anggota REI, kami juga memberikan kredit konstruksi buat anggota REI,” jelas Yanti—sapaan akrab Suryanti Agustinar.

Baca Juga: Sukseskan Program Perumahan Rakyat, Ini Dua Usulan REI untuk Pemerintah

Menurutnya, Bank BTN memberikan “layanan karpet merah” bagi anggota REI. Selain itu, bank dengan kode saham BBTN ini juga membantu para developer memasarkan properti mereka lewat jaringan Bank BTN di seluruh Indonesia.

“Jadi kami tidak hanya mempercepat proses berkas-berkas KPR, tetapi juga membantu penjualan properti-properti tersebut,” kata Yanti yang berharap kerjasama dengan pengembang REI ini bisa berjalan secara eksklusif dengan Bank BTN.

Baca Juga: Dukung Pemindahan Ibukota, REI Beri Empat Masukan untuk Pemerintah

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Perbankan, Pembiayaan Komersial dan RST, Umar Husin menjelaskan, pihaknya akan mengarajkan kerjasama ini ke Bank BTN, baik secara funding dan lending. Hal ini seiring dengan pembenahan Bank BTN di sisi business process di kantor-kantor regional.

“Kami berharap di 2020, proses layanan Bank BTN kepada anggota REI akan makin baik,” katanya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda