Gapura Merah Putih Nippon Paint Kembali Raih Rekor MURI

Pada 2017 silam, Nippon Paint juga pernah memeroleh penghargaan serupa dengan capaian 4.614 gapura.

Nippon Paint - rekor MURI - Gapura Merah Putih 2018 - Rumahhokie - dok
Nippon Paint kembali raih rekor MURI untuk pengecatan Gapura Merah Putih terbanyak (Foto: Dok. Nippon Paint)

RumahHokie.com (Jakarta) – Untuk kedua kalinya, Nippon Paint Indonesia mencatatkan namanya di Rekor MURI untuk kategori “Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak”.

Penganugerahan Rekor MURI diberikan langsung oleh Jaya Suprana, Pendiri dan Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada Mark Liew, Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia, Senin (20/8/2018).

Sebanyak 7.488 kreasi Gapura Merah Putih berdiri di 30 kota Indonesia selama periode 28 Juli – 13 Agustus 2018. Angka ini lebih tinggi dari target 6.000 gapura.

Baca Juga: Nippon Paint Targetkan Pengecatan 6.000 Gapura Merah Putih

Sebagai informasi, pada 2017 silam, Nippon Paint juga pernah memeroleh penghargaan serupa dengan capaian 4.614 gapura.

Kepada awak media, Mark Liew mengatakan Gapura Merah Putih menjadi salah satu bakti sosial Nippon Paint dalam rangka menjaga semangat gotong-royong dan kekeluargaan di dalam masyarakat. Kegiatan ini terus berkembang, sejak pertama kali dilakukan pada 2016.

“Tahun ini, pengecatan tidak hanya dilakukan di area perumahan, namun juga dilakukan di area sekolah dan kantor pemerintah, dengan jumlah gapura yang semakin banyak jumlahnya,” kata Mark.

Baca Juga: Rayakan HUT RI, Nippon Paint Bagikan 10.000 Liter Cat Gratis

Pada kesempatan yang sama, Jaya Suprana mengatakan, kegiatan Gapura Merah Putih merupakan bentuk kegiatan yang perlu diapresiasi. Selain dilakukan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia, kegiatan ini juga berkontribusi untuk mengangkat dan mempertahankan nilai budaya yang cukup kental dalam masyarakat, yaitu gotong royong.

“Rekor (Gapura Merah Putih) ini bukan hanya jadi rekor di Indonesia, tetapi juga di dunia,” imbuh Jaya.

Tiga Jenis Cat Eksterior
Lebih lanjut, Mark menuturkan, Gapura Merah Putih dicat dengan Nippon Weatherbond Solareflect warna khusus “Merah Merdeka 1945” yang diambil dari warna bendera nasional Indonesia, Nippon Weatherbond warna “Brilliant White 1001”, dan Nippon Metallic Paint (water based) warna “Real Gold 3100”.

“Seluruh cat yang digunakan ini didonasikan oleh Nippon Paint. Tercatat, kami mendonasikan 80.496 liter cat untuk kegiatan tahun ini,” lanjut Mark.

Baca Juga: Nippon Paint Luncurkan Mesin Oplos Cat CCPro Series

Menurutnya, Gapura Merah Putih 2018 merupakan kegiatan CSR (Nippon Paint dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

“Selain Gapura Merah Putih, tahun ini Nippon Paint juga memperlombakan kompetisi video yel-yel dengan total hadiah Rp250 juta. Kali ini, sebanyak lebih dari 1.500 video diterima panitia,” jelas Mark.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda