Gelontorkan Rp12 Triliun, Adhi Karya Bangun Enam LRT City di Jabodebek

Adhi Karya melakukan perencanaan dengan pendekatan pengembangan berbasis TOD. Ke depan akan ada 21 proyek LRT City yang dikembangkan.

adhi-karya-lrt-city-rumahhokie-anto-erawan-dok
Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Melalui Departemen Transit Oriented Development (TOD) & Hotel, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, menghadirkan LRT City, kawasan hunian dan komersial yang terletak di area yang terintegrasi dengan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Mengusung konsep Transit Oriented Development, dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak, LRT City mengadopsi tata ruang campuran dan terpadu (mixed-use) yang memaksimalkan penggunaan angkutan massal seperti LRT dan BRT (Bus Rapid Transit) yang dilengkapi jaringan fasilitas untuk pejalan kaki dan pesepeda.

Baca Juga: Bangun Tower Arlington, Adhi Persada Pasarkan Unit Rp360 Jutaan

Amrozi Hamidi, GM Transit Oriented Development & Hotel PT Adhi Karya (Persero), Tbk mengatakan, pihaknya melakukan perencanaan dengan pendekatan pengembangan berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang dibutuhkan Megapolitan seperti Jakarta.

“Kawasan hunian dan komersial terpadu yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal ini, akan menjadi solusi atas kehidupan masyarakat Jakarta yang semakin terjebak kemacetan. Ke depannya, akan ada 21 kawasan yang akan kami kembangkan,” jelas Amrozi.

Baca Juga: Salah Kaprah Pengembangan Kawasan Berbasis TOD di Jakarta

Sementara itu, Djoko Santoso, Manager Biro Pemasaran Departemen TOD dan Hotel PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengatakan LRT City hadir di beberapa titik jalur LRT.

“Dengan lokasi yang strategis dan aksesibilitas yang mudah, yaitu satu titik dengan stasiun LRT (0 Km LRT Station), kami optimistis LRT City akan mudah terserap pasar,” katanya.

Kawasan LRT City akan hadir di Eastern Green Bekasi (16,9 hektar), Royal Sentul Park Bogor (14,8 hektar), Gateway Park Jaticempaka (5 hektar), The Boutique Bekasi Barat (0,4 hektar), Cikoko of LRT City (1,2 hektar), serta Ciracas of LRT City (11,5 hektar).

Dengan total investasi lebih dari Rp12 triliun, imbuhnya, dalam beberapa tahun ke depan, kawasan yang diberi nama “LRT City” ini akan menjadi pilihan bagi masyarakat yang membutuhkan hunian dengan kemudahan sistem transportasi.

Progres Pembangunan LRT City
Salah satu kawasan LRT City yang saat ini sedang dikembangkan adalah Royal Sentul Park, yang berada di Exit Tol Sentul Sirkuit dan terintegrasi dengan stasiun LRT Sentul Sirkuit.

Proyek yang menelan dana Rp6,761 triliun ini, kini masih merampungkan tahap pertama yang akan diserahterimakan pada 2020.

Baca Juga: Hunian Ibukota Akan Berkembang ke Kawasan Jabotabekjur

Nanang  Safrudin  Salim, Project Manager Royal Sentul Park mengatakan, proyek ini terdiri dari 12 tower apartemen, shopping mall, ruko, office tower, plaza/landscape, family leisure park, pedestrian and bicycle track, dan culinary street.

Sementara itu, Setya Aji Pramana, Project Manager Eastern Green mengatakan, Eastern Green merupakan LRT City yang berada di Exit Tol Bekasi Timur dan menyatu dengan LRT Station Bekasi Timur.

“Proyek ini merupakan kawasan hunian vertikal terpadu yang dilengkapi kawasan komersial. Pembangunan masih di tahap pertama dengan total investasi Rp500 miliar dan akan mulai diserahterimakan pada tahun 2019,” ujarnya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda