Gunakan 445 Lampu LED, Signify Sinari Keindahan Arsitektur Qutub Minar

Signify menggunakan teknologi Color Kinetics Essential White untuk menerangi bangunan ikonik Qutub Minar di New Delhi, India.

Signify, pencahayaan Qutub Minar, Qutub Minar New Delhi, New Delhi
Signify menyinari Qutub Minar dengan pencahayaan LED warm white. (Foto: dok. Signify)

RumahHokie.com (New Delhi) – Signify mengumumkan bahwa mereka telah menyinari arsitektur Qutub Minar yang ikonis di New Delhi, India, dengan menggunakan sistem pencahayaan Color Kinetics Essential White.

Terdapat 445 titik lampu LED berwarna putih kekuningan yang dipasang oleh Signify untuk menciptakan desain bangunan impresif yang menekankan pada fitur-fitur arsitektural menara.

Sumit Padmakar Joshi, Vice Chairman & Managing Director Signify India, menjelaskan dengan pencahayaan LED dapat membuat menara menjadi sebuah ikon perkotaan di jantung area Mehrauli, New Delhi, serta semakin mengukuhkan citra kota dan mendorong wisata malam.

Baca Juga: Interact Landmark Signify Ubah Tampilan Dua Ikon Jembatan di Indonesia

“Qutub Minar telah menjadi bangunan sosial abadi yang mencerminkan identitas kota. Kami bangga untuk menghidupkan keajaiban menara di malam hari dengan pencahayaan LED Color Kinetics,” tutur Sumit seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (15/10/2019).

Dengan sistem pencahayaan LED yang baru dipasang ini, lebih lanjut Sumit berujar akan mempercantik kompleks Minar secara signifikan.

“Pengunjung dapat melihat secara detil kekayaan arsitektur, ayat-ayat kaligrafi, lekuk bangunan, dan ukiran rumit meskipun di malam hari,” katanya.

Baca Juga: Signify Ubah Pencahayaan Jembatan Sungai Thames London Jadi Atraktif

Dia menambahkan, dengan aplikasi sistem elemen pencahayaan tersebut tidak saja dapat menyoroti fitur-fitur arsitektural Qutub Minar, namun dan pada saat yang sama dapat menghemat energi dan biaya operasional apabila dibanding dengan pencahayaan konvensional.

Dalam proses pengerjaannya, Signify bekerjasama dengan Archaeological Survey of India (ASI) dan National Buildings Construction Corporation Limited India (NBCC India).

Sejarah Pembangunan Qutub Minar
Qutub Minar merupakan salah satu landmark terkenal di New Delhi dan populer di kalangan warga dan wisatawan karena mendominasi pemandangan kota dan posisinya dalam sejarah.

Baca Juga: Sevilla Gunakan Lampu Jalan Signify untuk Tingkatkan Keamanan Warganya

Bangunan yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki menara runcing setinggi 73 meter dengan lima lantai. Menara tersebut memiliki diameter dasar 14,3 meter yang meruncing menjadi 2,7 meter di bagian puncak.

Pembangunannya dimulai pada tahun 1192 oleh Qutub-ud-Din Aibak, pendiri Kesultanan Delhi, dan diselesaikan oleh penerus dan menantu Aibak, Shamsuddin Iltutmish pada tahun 1220.

Selama bertahun-tahun, menara tersebut telah rusak beberapa kali akibat bencana alam, dan dibangun kembali oleh penguasa yang berbeda

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda