Gunakan Tips Ini Guna Menjaga Lantai Keramik Rumah Selalu Mengkilap

Seiring umur pemakaiannya, lantai keramik rumah menjadi kusam. Maka dari itu, setelah pemasangan material penutup lantai tersebut, diperlukan perawatan rutin.

Tips membersihkan lantai keramik agar kilap, Centro Ceramics, lantai keramik, dinding keramik
Ilustrasi membersihkan lantai keramik. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keramik menjadi material yang dipilih sebagai penutup lantai dan dinding hunian oleh hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Disamping motif dan warna yang beragam, harga yang relatif murah, untuk mayoritas penggunanya lantai keramik juga terbilang mudah dalam hal perawatannya.

Akan tetapi seiring umur pemakaiannya, lantai keramik rumah menjadi sedikit kusam. Maka dari itu, setelah pemasangan material penutup lantai tersebut, diperlukan perawatan rutin dengan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Antisipasi Penyebab Kerusakan Lantai Keramik Ini Solusinya

Melansir dari laman milik salah satu produsen material keramik, Centro Ceramics, proses pembuatan ubin keramik melalui pemanasan dengan temperatur tinggi.

Rata-rata bisa mencapa hingga suhu 1.300 derajat celcius, sehingga terbentuklah lapisan kaca, dengan kelebihan daya tahan yang kuat.

Terdapat sejumlah tips yang bisa Anda terapkan di rumah untuk membuat lantai keramik tetap bersih mengkila. Simak penjelasannya berikut ini

Sikat lantai keramik dengan lembut
Seiring dengan aktivitas yang terjadi di dalam rumah, akan ada noda atau kotoran yang menempel di lantai ruangan.

Baca Juga: Tips Memperbaiki Nat Keramik Lantai Rumah yang Rusak

Untuk menghilangkannya, Hokie People bisa menyikat keramik dengan lembut agar tidak menggores lapisan keramik lantai.

Bersihkan dengan campuran air dan pembersih lantai
Apabila noda kotoran tetap membandel, Anda pun dapat menggunakan larutan air dengan cairan pembersih lantai. Pel lantai dengan larutan, atasi area yang sulit dengan kain lembut. Penggunaan kain pel lebih disarankan daripada spons.

Gosok nat lantai keramik
Umumnya, seiring umur pemakaian nat ubin akan ada banyak kotoran yang menempel. Maka untuk menghilangkan kotoran, gosok sela lantai keramik (nat) dengan menggunakan sikat dan sabun pembersih lantai.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Material Keramik Cocok Digunakan di Kamar Mandi

Disarankan untuk menggunakan sikat kecil atau sikat gigi usang, sehingga tidak merusak bagian nat lantai rumah.

Bilas dengan air hangat
Setelah sela-sela lantai keramik digosok, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lalu, keringkan dengan menggunakan kain pel hingga bersih dan mengkilap.

Selamat mencoba, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda