Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Ini Strategi Kementerian PUPR di Bidang Perumahan

Ada tiga rencana aksi yang akan dilaksanakan Kementerian PUPR dalam menghadapi revolusi industri 4.0, di bidang pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat.

Strategi Khusus yang Disiapkan Kementerian PUPR untuk Revolusi Industri 4.0, bidang perumahan rakyat, Yusuf Agung, Kementerian PUPR, Revolusi industri 4.0
Yusuf Agung, Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR, saat memaparkan strategi khusus yang akan dijalankan oleh pihaknya dalam menghadapi revolusi industri 4.0, untuk bidang bidang perumahan rakyat. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Padang) – Menghadapi era revolusi industri 4.0 yang kian berkembang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan sejumlah strategi khusus serta terobosan dalam sektor pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat.

Strategi itu disusun Kementerian PUPR, sebagai langkah untuk membantu mewujudkan perumahan rakyat yang layak dan infrastruktur, dalam era revolusi industri 4.0 saat ini.

Dilansir dari siaran pers, Senin (20/01/2020), Yusuf Hariagung, Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR, menjelaskan setidaknya ada tiga rencana aksi yang akan dilaksanakan Kementerian PUPR dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca Juga: Manfaatkan Tanah Pemerintah, Kementerian PUPR Siap Bangun Public Housing

“Strategi pertama yang kami lakukan adalah mempersiapan infrastruktur, baik software maupun hardware untuk menghadapi era revolusi industri,” kata Yusuf pada acara Civil Squad Competition di Aula Kampus Institut Teknologi Padang beberapa waktu lalu.

Selain itu dia menambahkan, pihak Kementerian juga akan melakukan penguatan database dan pemanfaatan teknologi, dengan mempertimbangkan kecepatan akses, kehandalan dan keamanan data.

Strategi kedua, pihak Kementerian juga akan menyiapkan sumber daya manusia dengan baik, dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dimiliki oleh pihaknya.

Baca Juga: Era Revolusi Industri 4.0 Berdampak Pada Tren Properti

Yusuf mengatakan pula, tenaga dukungannya, seperti tenaga ahli konsultan dan kontraktor yang akan mengoperasikan teknologi yang relevan dengan era industri 4.0 juga akan dipersiapkan secara optimal.

Sedangkan yang ketiga, Kementerian PUPR akan menugaskan Direktorat Jenderal teknis untuk menyiapkan pilot project infrastruktur untuk direncanakan, didesain, dan dilaksanakan serta dikelola menggunakan sejumlah teknologi digital.

“Kami berharap, pemanfaatan internet dan sejumlah teknologi di dalam-nya akan mempermudah pekerjaan untuk menyediakan infrastruktur dan hunian layak bagi masyarakat,” ucap Yusuf Hariagung.

Baca Juga: Kementerian PUPR Dorong Pengembang Implementasikan SiKasep

Seperti diwartakan RumahHokie.com sebelumnya, baru-baru ini, Kementerian PUPR melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti—mewakili Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menerangkan sistem aplikasi mobile SIKasep dirilis untuk mempermudah masyarakat dalam mencari dan menentukan rumah subsidi sesuai yang diharapkannya.

“Adanya aplikasi SiKasep diharapkan memenuhi kebutuhan generasi milenial yang menginginkan kecepatan dan kemudahan informasi dalam memilih dan membeli rumah yang mereka minati,” tandas Anita.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda