Hadapi Lahan Terbatas, KemenPUPR Bangun Rusunawa Mini untuk Ponpes

Luas keseluruhan bangunan Rusunawa Pondok Pesantren Raudlatussalam mencapai 196,8 meter dan dapat menampung hingga 56 santri.

Rusunawa Super Mini Pondok Pesantren Raudlatussalam, Kementerian PUPR, Kabupaten Tangerang
Kementerian PUPR membangun Rusunawa Tipe Barak Super Mini di Ponpes Raudlatussalam di Desa Kedung Dalem, Kabupaten Tangerang, Banten. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian PUPR melakukan inovasi pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) super mini untuk Pondok Pesantren Raudlatussalam di Desa Kedung Dalem, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Konsep pembangunan tersebut dilakukan sebagai solusi dalam mengatasi terbatasnya lahan tanah di lokasi berdirinya Rusunawa Ponpes Raudlatussalam itu.

Berdasarkan data yang ada di Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, pembangunan hunian vertikal ini di laksanakan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Banten pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Menteri PUPR Resmikan Rusunawa Santri di Yogyakarta

Rusun ini dibangun sebanyak satu tower dan memiliki spesifikasi bangunan Tipe Barak Super Mini, dengan ketinggian dua lantai. Adapun pembangunannya menelan dana pembangunan sebesar Rp2,5 milliar.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa untuk Pondok Pesantren Raudlatussalam,” ujar Indra M. Sutan, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, seperti dilansir dari siaran pers Rabu (18/03/2020).

Peresmian Rusunawa untuk santri itu dihadir Ketua Yayasan Pondok Pesantren Raudlatussalam Mauk, TB.Abdussomad; PPK Rumah Rumah Susun dan Rumah Khusus SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, M. Arifman; serta para guru dan santri.

Baca Juga: Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Ini Strategi Kementerian PUPR di Bidang Perumahan

Indra menyatakan, pembangunan Rusunawa dilaksanakan sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, dan termasuk dalam program prioritas setelah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kami membangun Rusun yang diperuntukkan bagi para siswa, mahasiswa dan santri dalam rangka melaksanakan Visi Presiden untuk membangun SDM Unggul Menuju Indonesia Maju,” terangnya.

Di dalam Rusunawa tersebut merangkum empat barak. Asrama untuk para santri di Kabupaten Tangerang itu telah dilengkapi dengan perabot furnitur, seperti tempat tidur susun sebanyak 28 unit.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun 193 Rumah Bagi Korban Kerusuhan Wamena

“Rusunawa ini dibangun di atas lahan yang tidak terlalu besar. Panjang bangunannya 24 meter dan lebar sekitar 8,2 meter. Luas keseluruhan bangunan 196,8 meter dan dapat menampung 56 santri,” jelas Indra M. Sutan.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Ponpes Raudlatussalam, TB Abdussomad menyatakan, bangunan itu memang sangat dibutuhkan, sebagai tempat tinggal para santriwati.

“Alhamdulillah pembangunan Rusun ini telah selesai dan siap untuk di huni santriwati,” pungkas Abdussomad.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda