Hadirkan Arena Bermain yang Nyaman, Cermati Dulu Langkah Ini

Menghadirkan arena bermain tidak boleh sembarangan. Agar aman, bentuknya harus sesuai dengan usia si anak. Perhatikan juga materialnya.

taman bermain-rumahhokie-dedy mulyadi-dok
Tempatkan permainan yang merangsang gerak aktivitas. Misalnya saja permainan tangga, papan perosotan atau jembatan.

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki hunian dengan lahan yang luas tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi hunian tersebut mampu memenuhi semua kebutuhan ruang keluarga, termasuk juga menghadirkan arena bermain bagi sang buah hati.

Tempat bermain sang anak tidaklah membutuhkan lahan yang luas. Asalkan wahananya menyesuaikan kesukaan sang anak, tentu mereka bakal betah berada di rumah.

Untuk Anda yang memiliki anak usia dua sampai lima tahun, langkah termudah menciptakan kenyamanan area bermain mereka bisa mencermati tips berikut ini.

Wahana Menyesuaikan Usia Anak
Pertama pilih wahana yang sederhana sebagai arena bermain, dimensinya tentu menyesuaikan usia si anak. Selain mempermudah anak, arena ini juga tidak membahayakan.

Hindari penempatan tempat bermain yang sekiranya membahayakan sang anak. Misalnya saja ayunan yang sulit dijangkau oleh anak.

Baca Juga: Manjakan Anak, Hadirkan Tema Animasi di Kamar Tidurnya

Usahakan pula saat bermain, sang anak didampingi orang tua, jangan biarkan anak bermain sendiri. Sebab, pola si kecil cenderung penasaran terhadap sesuatu benda terlebih permainan yang baru dilihatnya.

Material yang Aman
Agar nyaman, pilih material yang aman buat beraktivitas. Misalnya saja tangga berbahan plastik, material ini cukup aman untuk tempat bermain. Hindari penggunaan material berbahan besi. Selain mudah berkarat, material ini cukup berbahaya jikalau anak terbentur.

Hindari menghadirkan elemen permainan yang berbentuk lancip atau sudut-sudut yang sekiranya membahayakan. Ini dilakukan untuk mencegah sesuatu hal diluar prediksi, gerak si kecil sulit diketahui. Karena itu orang tua perlu menjaganya dengan cermat.

Adopsi Warna Juga Permainan yang Menarik
Pilih juga warna-warna yang menarik. Trik permainan warna ini diyakini bakal menjadi daya tarik si anak untuk bermain. Psikilogi anak bisanya menyukai warna-warni yang mencolok.

Tempatkan pula permainan yang merangsang gerak aktivitas. Misalnya saja permainan tangga, papan perosotan atau jembatan. Media tersebut pastinya akan merangsang sang anak untuk mencoba.

Baca Juga: Yuk, Olah Ruang Semenarik Mungkin Agar Anak Betah Belajar

Letak dan Untuk menambah kenyamanan si kecil, tentukan letak arena bermain di sudut ruang luar yang sekiranya aman dari sinar matahari. Trik ini bisa diterapkan agar si anak tidak kepanasan. Sehingga tidak menimbulkan rasa bosan.

Jika penempatannya di sudut ruang, hadirkan juga penghijauan berupa taman untuk menciptakan kesan asri. Bila perlu, lantai arena bermain diberikan pelapis lantai karet atau matras plastik.

Penggunaan material lantai ini untuk mencegah jika anak jatuh. Sehingga anak tidak mudah terluka, anak jadi bisa dengan leluasa bermain sesukanya.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda