Hanya dengan 4 Langkah, Anda Bisa Menata Interior Selayaknya Desainer

Interior rumah yang ditata secara baik, memiliki kontribusi positif bagi kualitas kehidupan sang pemilik hunian. Pahami trik disaat menatanya.

Pilihlah gaya desain yang disukai dan implementasikan pada ruangan. Setelah itu, hadirkan artwork atau lukisan sebagai aksentuasi di dalam ruang. (Foto: oraclefox.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Untuk sebagian pemilik hunian, penataan interior maupun elemen di dalamnya mungkin masih dianggap bukan hal yang utama. Padahal, hunian yang ditata secara baik memiliki kontribusi positif bagi kualitas kehidupan sang pemilik.

Menata interior hunian, sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan dan bisa dipelajari secara otodidak melalui, buku, majalah maupun sosial media semacam youtube dan instagram.

Baca Juga: Munculkan Nuansa Interior Hunian yang Lembut dengan 3 Cara

Pemilik hunian pun harus memahami beberapa trik, agar tampilan interior rumahnya nampak didesain selayaknya menggunakan desainer interior profesional. Berikut ini 4 langkah dalam menata interior seperti desainer interior.

Tentukan tema utama ruangan

Pemilik rumah bisa memulai merancang interior huniannya dengan menentukan tema utama dari keseluruhan ruang. Pilihlah gaya desain yang anda sukai. Misalkan saja anda menyenangi konsep desain skandinavian dengan pemakaian furnitur kayu serta kesan clean look, maka hadirkan aksentuasi pada bagian dinding dengan kehadiran artwork ataupun foto karya anda, agar nuansa ruangan menjadi ‘hidup’.

Gunakan kreativitas di ruang pribadi

Untuk ruang pribadi, seperti kamar tidur, pemilik hunian bisa bebas menggunakan beragam kreativitasnya. Anda bisa meletakan beberapa ornamen dekoratif untuk menambah keindahan tampilan interior.

Banyak desainer interior menyarankan untuk menata kamar tidur berdasarkan
selera atau hobi sang pemilik rumah. Walaupun demikian, anda tetap harus memperhatikan kenyamanan di kamar tidur. Jangan meletakan terlalu banyak ornamen atau barang dekoratif terlalu banyak dan menumpuk. Hal itu akan menjadikan kamar tidur anda penuh sesak.

Baca Juga: Elemen Struktur Bangunan Ini Bisa Bikin Cantik Tampilan Interior

Perhatikan tata letak furniture

Agar hunian memiliki akses ruangan yang lebih luas dan sehat, disarankan untuk tidak meletakan perabot furnitur anda terlalu mepet dengan dinding. Perhatikan tata letak furnitur kesayangan anda. Berikan sedikit jarak kosong di dekat dinding sebagai area sirkulasi bagi anda.

Padukan furnitur dengan tema utama

Tampilan interior hunian akan maksimal apabila anda memperpadukan tema utama dari konsep ruangan yang ingin anda pakai. Jangan asal membeli furnitur! Pertimbangkan faktor keselarasan dan keserasian furnitur satu dengan yang lainnya, karena hal itu sangatlah penting untuk menciptakan rancangan interior hunian yang menarik.

Selamat mencoba!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda