Hebat! Tempat Tidur Anti Gempa Ini Bisa Lindungi Nyawa Penggunanya

Sebuah tempat tidur dapat melindungi penggunanya dari bahaya reruntuhan bangunan disaat gempa terjadi. Inovasi ini dikembangkan oleh desainer asal China.

(Foto: Futurism)

RumahHokie.com (Jakarta)Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang sempat mengguncang Pulau Jawa dua hari lalu, berdampak pula terhadap wilayah Jakarta. Banyak warga Ibukota merasa panik dengan kejadian itu, terutama bagi mereka yang tinggal di hunian vertikal.

Umumnya, orang-orang akan berlarian keluar ruangan menyelamatkan nyawa mereka ketika bencana gempa terjadi. Tak jarang pula, mereka akan berlindung di bawah meja atau kolong tempat tidur, agar tidak terluka.

Namun, bagaimana jika bencana gempa terjadi ketika penghuni bangunan sedang terlelap tidur?

Baca Juga: Biar Tidur Nyaman, Yuk Bersihkan Kasur Dari Noda Membandel

Sebuah inovasi telah diciptakan untuk mengantisipasi ketika terjadinya bencana gempa. Seorang desainer asal China, Wang Wenxi, membuat tempat tidur yang dapat melindungi penggunanya dari bahaya reruntuhan bangunan disaat gempa terjadi.

Walaupun masih berbentuk prototype, tempat tidur yang telah dirancang sejak tahun 2010 ini diharapkan dapat membantu pemilik hunian untuk bertahan dari gempa bumi.

Dilansir dari digitaltrends, tempat tidur ini bekerja secara otomatis. Ketika permukaan tanah atau lantai hunian mulai bergetar, maka sensor yang berada di dalamnya akan mendeteksi gerakan dan secara langsung memicu serangkaian sistem.

Dalam waktu sekejap, tempat tidur tersebut akan menjatuhkan penggunanya ke dalam ‘ruang perlindungan’. Tak berapa lama, kemudian tutup kasur berbentuk kotak itu meluncur di atas untuk melindungi penggunanya dari puing-puing yang runtuh akibat gempa. Tempat tidur ini pun dalam waktu singkat, berubah menjadi sebuah peti perlindungan.

Baca Juga: Keuntungan Menerapkan Tempat Tidur Tanpa Ranjang

Selain digunakan sebagai tempat tidur normal, inovasi kasur yang dibuat oleh Wang juga menyediakan tempat penyimpanan darurat ketika terjadi gempa bumi.

Untuk bertahan hidup, pemilik bisa menyimpan air minum mineral, makanan kaleng, palu, dan peralatan lainnya yang dapat disimpan di lemari bagian bawah dari tempat tidur tersebut.

Meskipun terbilang canggih, tempat tidur anti gempa ini hanya memiliki daya tampung untung satu orang saja atau single bed.

Penasaran dengan karya tempat tidur inovatif yang dikembangkan oleh Wang Wenxi? Simak videonya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda