Hiasi Interior dengan 60 Kain Batik, Hotel Grand Diara Raih Rekor MURI

Sebanyak 60 motif kain batik yang berasal dari Aceh hingga Papua, digunakan sebagai dekorasi ruangan di hotel Grand Diara Cisarua. Aplikasi elemen dekorasi itu menghadirkan nilai estetika yang tinggi pada tampilan interiornya.

Hotel Grand Diara-RumahHokie.com-istimewa.jpg
(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Bogor) – Hotel Grand Diara berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebagai Hotel Dengan Dekorasi Batik Nusantara Terbanyak. Terdapat lebih 60 motif kain batik dari berbagai daerah yang menghiasi di setiap koridor dan ruangan hotel tersebut.

Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan di hotel Grand Diara, Puncak, Cisarua, Jawa Barat (20/03/2018), bertepatan dengan ulang tahun hotel tersebut yang ke-2.

Penghargaan diberikan langsung oleh Yusuf Ngadri, Senior Manager MURI kepada Nanda Widya, Direktur Utama Grand Diara Hotel.

Menurut Nanda, dengan keberhasilan raihan penghargaan rekor dari MURI, menjadi kebanggan tersendiri buat pihaknya.

Baca Juga : Konsep Kontemporer Eco Living Ala Aviary Hotel Di Bintaro

“Kami ingin Grand Diara menjadi salah satu pelopor pelestarian batik. Bukan hanya sekedar jargon, tetapi juga bisa diresapi dan diterapkan dalam keseharian. Karena batik merupakan identitas bangsa,” ujarnya.

Ragam kain batik yang aplikasikan sebagai dekorasi ruangan di hotel Grand Diara didatangkan langsung dari daerah asalnya, mulai dari Aceh hingga Papua.

Koleksi yang merupakan salah satu jenis kain wastra Nusantara itu mengisi setiap sudut interior Grand Diara, memiliki aneka motif dan corak yang beragam.

Selain di area koridor, koleksi batik milik Grand Diara juga menghiasi sisi-sisi kamar hotel.
Bedanya, batik-batik yang terpasang di dalam kamar, dimodifikasi secara digital dengan sentuhan seni grafis modern.

Selain dari karya tangan pengrajin daerah asalnya, sebagian kain batik yang digunakan juga berasal dari rancangan desainer fesyen ternama.

Baca Juga : 5 Kafe dan Resto di Bogor Dengan Penampilan Interior yang Keren

Dengan perpaduan desain batik modern dan tradisional yang diaplikasikan pada bagian dinding, kian membuat dekorasi interior hotel tersebut terasa indah.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kain batik Nusantara sudah sangat mendunia dan bahkan diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Sementara itu, General Manager Grand Diara Hotel, Listura, mengatakan kita harus terus menjaganya. Ternyata batik tidak hanya indah ketika dipakai. Saat dipajang pun menghadirkan estetika yang sangat indah,” jelas Listura.

Upaya pelestarian batik Grand Diara juga diejawantahkan pihak hotel juga mencetak buku berjudul ‘Batik Negeriku Koleksi Batik Grand Diara Hotel’.

Buku-buku itu diletakkan di masing-masing kamar hotel. Grand Diara merupakan hotel bintang 3 yang berada di jalan utama Puncak, Cisarua, Jawa Barat.

Memiliki 81 kamar dan 4 ruang pertemuan serta berbagai fasilitas lainnya, hotel ini dikelilingi beragam lokasi hiburan keluarga seperti, The Ranch, Taman Wisata Matahari, Cimory Riverside, dan Taman Safari.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda