Hidroponik, Solusi Menanam di Lahan Hunian yang Sempit

Hidroponik merupakan metode menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah. Cara ini menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan.

Metode menanam dengan cara hidroponik tidak membutuhkan lahan yang besar. Cukup memanfaatkan barang bekas, seperti botol air mineral tak terpakai sebagai wadah tanamnya. (Foto: lintangsore.blogspot.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi anda yang hobi berkebun, namun tidak punya cukup lahan karena ukuran hunian yang sempit, janganlah berkecil hati. Dengan cara bercocok tanam menggunakan metode hidroponik, kini anda bisa menyalurkan kesenangan tersebut secara kreatif dan mudah.

Lahan di kawasan perkotaan yang terbatas, membuat ketersediaan area untuk bercocok tanam menjadi terbatas. Cara menanam dengan metode hidroponik bisa menjadi salah satu solusi bagi mereka dengan lahan hunian tak seberapa besar.

Hidroponik merupakan metode menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah. Metode ini menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Selain ketersediaan nutrisi, kebutuhan akan pasokan air juga harus dipastikan dengan baik.

Baca Juga: Dekorasi Taman Mini Ini Mampu Segarkan Pandangan Mata

Jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan sistem hidroponik pun cukup beragam, mulai dari sayuran, buah-buahan, tanaman obat hingga tanaman hias.

Pada dasarnya semua jenis tumbuhan bisa ditanam dengan menggunakan cara ini. Namun, jenis pohon yang berukuran besar dan membutuhkan waktu lama untuk panen tidak disarankan menggunakan metode hidroponik.

Lantas bagaimana cara untuk mengaplikasikan sistem bertanam ini ? Karena tidak membutuhkan media tanah, pemilik rumah tidak memerlukan halaman yang luas ketika ingin mencoba bercocok tanam dengan cara hidroponik

Baca Juga: Bagaimana Sih Membentuk Taman Agar Terlihat Asri dan Fungsional?

Pastikan saja bahwa lahan yang akan digunakan sebagai kebun hidroponik memiliki intensitas matahari yang cukup, agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal dan berbuah.

Ada beberapa metode dalam penanaman hidroponik. Salah satunya yang mudah untuk diaplikasikan dan bisa anda coba adalah cara Wick System Hydroponic. Cara ini bisa diterapkan dengan menggunakan wadah paralon ataupun ember.

Jika tidak ada paralon, anda bisa memanfaatkan barang-barang tak terpakai, seperti botol bekas air mineral, jiregen ataupun gelas plastik. Berikut langkah menanam dengan cara Wick System Hydroponic.

  1. Potong botol menjadi 2 bagian.
  2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara.
  3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol.
  4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa spon, sekam bakar atau pecahan bata merah).
  5. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.
  6. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik.
  7. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan, tetapi masih bisa mendapat sinar matahari.

Selain bisa menyalurkan hobi bercocok tanam dan menghijaukan lingkungan sekitar rumah, anda pun bisa memanen sayuran atau buah yang ditanam. Menarik bukan. Selamat mencoba di akhir pekan anda!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda