Hilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi Dengan Bahan Alami

Aroma kamar mandi yang tidak sedap dapat menganggu kenyamanan penggunanya. Dengan bahan-bahan alami, bau tak sedap pada kamar mandi pun bisa diatasi.

Ilustrasi Kamar Mandi (Foto: Pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Biasanya, bau kamar mandi atau toilet timbul akibat penumpukan kuman, seperti bakteri dan jamur. Sistem sirkulasi udara dan drainase yang buruk juga dapat memicu timbulnya bau tidak sedap pada kamar mandi atau toilet. Oleh Karena itu, kebersihan kamar mandi haruslah tetap dijaga secara rutin.

Disarankan, pemilik rumah membersihkan kamar mandi huniannya minimal satu kali dalam seminggu. Berbagai cara dapat dilakukan agar kamar mandi kesayangan anda tampil bersih dan tidak berbau.

Baca Juga: Ciptakan Kamar Mandi Nan Sehat, Cermati Uraian Berikut Ini

Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan oleh pemilik rumah, agar mendapatkan kamar mandi atau toilet yang bersih dan beraroma wangi.

1. Ampas Kopi
Banyak orang beranggapan ampas kopi hanyalah sampah yang tidak berguna. Namun,
dengan menambahkan air panas dan sedikit garam pada ampas kopi, bisa menghilangkan
bau tak sedap di kamar mandi. Caranya, campuran ampas kopi yang sudah diseduh dengan air panas dan sedikit garam disiramkan ke lubang WC. Diamkan beberapa saat. Lalu, bilaslah.

2. Arang Kayu
Fungsinya yang juga sebagai penyerap bau, membuat arang kayu menjadi pilihan untuk
mengusir bau tak sedap pada kamar mandi. Anda hanya perlu meletakan beberapa bongkah
arang di sudut-sudut kamar mandi atau toilet.

3. Cuka dan Baking Soda
Selain efektif menghilangkan noda, cuka dan baking soda juga ampuh untuk menghilangkan
aroma tak sedap di kamar mandi. Cukup siramkan cuka dan baking soda ke closet WC atau sudut-sudut kamar mandi. Diamkan beberapa saat, lalu sikat dengan sikat khusus kamar mandi dan bilaslah hingga bersih.

4. Minyak Essensial
Terbuat dari ekstrak bunga dan rempah, membuat minyak essensial memiliki aroma yang wangi dan ‘meneduhkan’. Oleh karena itu, penggunaan minyak essensial juga bisa menjadi alternatif dalam mengusir bau tak sedap dikamar mandi. Anda hanya cukup meneteskan beberapa tetes minyak essensial ke dalam toliet untuk menghilangkan bau tak sedap. Diamkan selama 15 menit, kemudian siram toilet.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda