Hilangkan Karat yang Menempel Pada Kran Air dengan 4 Cara Ini

Apabila Anda mendapati keran di kamar mandi hunian berkarat, janganlah khawatir. Anda masih bisa menghilangkan karat pada keran krom dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

Cara membersihkan kran air berkarat, kran krom, kran air
Ilustrasi. (Foto: shuttestock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pernahkah Hokie People mendapati kran air di kamar mandi ataupun dapur di rumah menjadi berkarat seiring penggunaannya?

Biasanya, karat yang menempel pada kran air terjadi karena terdapat goresan pada lapisan krom, sehingga mengakibat logam bersentuhan dengan udara yang lembap.

Nah, apabila Anda mendapati kran di kamar mandi hunian berkarat, janganlah khawatir. Anda masih bisa menghilangkan karat pada kran krom dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Simak tips dan trik berikut ini, ya Hokie People.

Manfaatkan aluminium foil
Untuk menghilangkan karat pada lapisan krom pada kran air Anda bisa memanfaatkan aluminium foil. Caranya, gunting lembaran aluminium foil sekitar 8 cm. Kemudian, celupkan ke dalam air dan gosokkan aluminium foil pada bagian yang berkarat secara lembut hingga terangkat.

Baca Juga: Ini Dia Hasil Survei Tentang Kamar Mandi Impian Masyarakat Indonesia

Jika karat masih susah untuk hilang, gunakanlah kertas aluminium foil yang telah direndam ke dalam minuman bersoda.

Kandungan asam karbonat yang terdapat dalam minuman bersoda dapat menciptakan reaksi kimia dengan oksida besi pada karat, sehingga dapat membantumu menghilangkan noda tersebut dari krom secara mudah.

Bersihkan dengan cuka atau jeruk nipis
Cara selanjutnya, Hokie People bisa memanfaatkan cairan cuka atau jeruk nipis ataupun lemon. Sebelum menggunakan cairan asam ini, pastikan area yang berkarat pada kran krom kamu telah dibersihkan dari debu dan kotoran dengan menggunakan sabun pencuci piring.

Baca Juga: Tiga Penyebab yang Membuat Kamar Mandi Tidak Sehat

Setelah bersih dan kering, tuangkan cairan cuka atau jeruk nipis. Kemudaian, tunggu sekitar 10 menit dan sikat bagian yang berkarat dengan sikat lembut ataupun spons hingga terangkat.

Gunakan minyak khusus
Untuk menghilangkan karat pada lapisan kran air, selain dengan cairan asam, pemilik rumah
pun bisa menggunakan minyak WD40.

Caranya sangatlah mudah, bersihkan kran terlebih dulu dengan cairan pencuci piring untuk menghilangkan debu dan kotoran, kemudian lap bagian yang berkarat hingga kering.

Baca Juga: Saluran WC di Kamar Mandi Anda Tersumbat? Atasi dengan 3 Tips Ini

Kemudian, oleskan minyak pada lapisan krom yang berkarat dan gosok secara lembut menggunakan sikat. Tak hanya dapat menghilangkan karat, minyak khusus tersebut juga dapat membuat kran krom kembali mengkilap.

Bisa pula dengan minyak bayi
Selain menggunakan minyak WD40, Hokie People juga bisa memanfaatkan minyak bayi
yang mengandung minyak mineral untuk menghaluskan permukaan logam dan memberi tampilan berkilaupada kran krom.

Caranya, teteskan minyak bayi pada kain microfiber kering dan bersih, lalu gosok logam dalam gerakan melingkar hingga mengilap.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda