Hingga Triwulan I 2017, Tingkat Penjualan Kondominium Mencapai 67%

Pengembang yang masih cukup aktif dalam meluncurkan kondominium adalah kelas menengah. Meski begitu, mereka masih berhati-hati dalam melakukan perencanaan ulang dan reposisi pasar.

Pasokan kondominium baru Foto : Dok. Daan Mogot City

RumahHokie.com (Jakarta) – Triwulan I tahun 2017 menjadi awal kebangkitan bisnis properti. Pada sektor tertentu, tingkat penjualannya mengalami peningkatan dan stabil.

“Meski pasar properti Indonesia menunjukkan aktivitas yang mulai menggeliat. Namun, secara global para pengembang masih mencermati dengan matang untuk meluncurkan produk baru,” terangkan Vivin Harsanto, Head of Advisory Jones Lang Lasalle (JLL) Indonesia

Menurutnya, beberapa pengembang masih berhati-hati dalam melakukan perencanaan ulang dan reposisi pasar untuk menyelesaikan, terutama dengan kondisi pasar saat ini.

Dengan kondisi makro ekonomi yang membaik, diindikasikan oleh pertumbuhan yang sehat, peningkatan anggaran infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah, dan upaya perbaikan peringkat kemudahan berbisnis yang dilakukan oleh pemerintah cukup menumbuhkan harapan bagi pasar untuk menatap tahun 2017 dengan optimis.

Hal itu juga dipertegas oleh Luke Rowe, Head of Residential JLL Indonesia. Dari penghujung tahun 2016 hingga awal tahun 2017, permintaan pasar kondominium secara umum cukup stabil.

“Hingga triwulan pertama tahun ini, rata-rata tingkat penjualannya berada pada angka 67%. Mayoritas permintaannya berasal dari pasar kondominium kelas menengah dan menengah kebawah,” terang Rowe.

Kondominium Kelas Menengah Mendominasi Pasar
Dari analisanya tercatat, permintaan kondominium kelas atas belum terlihat ada peningkatan. Bahkan, sejumlah pengembang juga belum meluncurkan produk baru.

“Pengembang yang masih cukup aktif dalam meluncurkan produk baru adalah kelas menengah dan menengah bawah di wilayah Jakarta Selatan, Timur dan barat. Pertumbuhan harga kondominium masih cukup stagnan,” tegas Rowe.

Pasar yang kuat di segmen ini, umumnya konsumen masih tertarik pada unit-unit kecil juga harga yang terjangkau. Hanya saja, para developer masih kesulitan mencari lokasi yang strategis.

Baca juga : Sepanjang Triwulan Pertama di 2017, Tiga Sektor Properti Mulai Membaik

Dari data yang terangkum, selama triwulan IV tahun 2016 pasokan unit kondominium mencapai 1.591 unit hunian. Memasuki triwulan pertama tahun ini, pasokan segmen ini mencapai 1.333 unit.

Beberapa developer yang meluncurkan kondominium di awal tahun ini diantaranya adalah Daan Mogot City sebanyak 308 unit, Permata Hijau Suites (329 unit) dan East 8 (696 unit).

Hingga akhir tahun 2016, penjualan kondominium tercatat 1.237 unit dengan existing stock (pasokan yang tersedia) mencapai 132.140 meter persegi. Meski pasokan triwulan I 2017 mencapai 1.333 unit, stok suplai yang tersedia hanya 57.940 meter persegi.

“Kami melihat, sentimen masyarakat mulai meningkat yang didukung oleh kondisi ekonomi makro yang makin membaik. Sehingga diperkirakan, tingkat penjualan akan meningkat hingga akhir tahun 2017,” papar Rowe.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda