Historia Food & Bar, Kafe dengan Nuansa Hindia Belanda yang Unik

Kafe yang diresmikan sejak tahun 2014 lalu ini, membangkitkan situasi masa Batavia ketika dikuasai oleh Hindia-Belanda melalui permainan dekorasi ruang yang unik.

Kafe Historia Jakarta-RumahHokie.com-jktgo
(Foto: jktgo)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ingin menikmati kuliner dengan suasana ala gedung penyimpan rempah-rempah di masa Hindia Belanda? Cobalah mampir ke kafe Historia Food & Bar yang berada di kawasan Kota Tua, Jakarta.

Mampir ke Historia Food & Bar Jakarta, Anda bisa merasakan nuansa vintage atau jaman dulu pada setiap jengkal interiornya.

Kafe yang diresmikan sejak tahun 2014 lalu ini, membangkitkan situasi masa Batavia ketika dikuasai oleh Hindia Belanda melalui permainan dekorasi interior yang unik. Beberapa toples berisi rempah-rempah tersusun rapi pada rak-rak gantung.

Selain itu, foto-foto usang juga dipajang di sekitar lorong pintu masuk yang menghadirkan suasana Batavia ketika itu.

Baca Juga : Sensasi Kulineran di Resto Bernuansa Rumah Tradisional Thailand

Menyandur dari Okezone, bangunan yang ditempati oleh kafe Historia Food & Bar Jakarta memang memiliki cerita sejarah yang panjang dan menarik.

Sebelum difungsikan sebagai kafe, gedung yang ditempati oleh Historia Food & Bar Jakarta merupakam kantor perusahaan dagang Matschappij voor Utivoer en Comisiehandel (MUCH).

Bangunan yang dirancang oleh biro arsitek Eduard Cuypers n Hulswit ini bergaya arsitektur Neo Klasik. Gaya itulah yang kemudian masih bertahan hingga sekarang dan dimanfaatkan menjadi karakter dari interior kafe Historia Food & Bar Jakarta.

Menurut keterangan Rully Jatmiko, Program Manager Historia, mereka tidak melakukan perubahan secara besar-besaran.

“Interiornya tidak kami ubah. Karena awal sudah bagus dan unik. Kami memang ingin menampilkan nilai historis gedungnya kepada pengunjung,” kata Rully Jatmiko

Baca Juga : 5 Kafe dan Resto di Bogor Dengan Penampilan Interior yang Keren

Ia menerangkan lebih lanjut, keputusan tersebut menimbulkan sejumlah kendala, seperti rayap dan dinding-dinding yang sudah rapuh.

Untuk mengatasinya, pengelola Historia melakukan sedikit renovasi dengan menambahkan sentuhan modern dan gaya industrial.

“kami hanya menambahkan sedikit sentuhan modern, mulai dari bar minuman, beberapa lukisanmural di tembok gedung, dan lampu-lampu penerangan untuk menciptakan ambience yang nyaman,” jelas Rully.

Keberadaan kafe Historia Jakarta semakin lengkap dengan hadirnya beragam menu hidangan spesial masakan Indonesia.

Salah satunya adalah sayur babanci yang hampir mirip seperti soto betawi. Adapula nasi goreng, mie goreng Jawa dan lain-lain.

Sedangkan untuk sajian minumannya, mereka memiliki es tajin khas Historia yang terinspirasi
dari minuman tradisional Meksiko. Minuman ini terbuat dari perasan air beras lalu disajikan dengan taburan kayu manis.

Penasaran? Yuk langsung aja datang ke Jalan Pintu Besar Utara No. 11, Jakarta Barat.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda