Human Cities Coalition: Fokus Meningkatkan Akses Air Bersih di Wilayah Kumuh Jakarta

Program Human Cities Coalition berfokus pada peningkatan akses air bersih dan sanitasi serta perumahan yang terjangkau di daerah kumuh Jakarta.

Akzonobel-RumahHokie.com-Istimewa.jpg
(Ka-ki): Jun de Dios, Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia, dan Dr. Ir Oswar Muadzin Mungkasa, MURP, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bersama dengan Fleur Henderson, Direktur Human Cities Coalition. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Melalui program Human Cities Coalition (HCC), AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis global terkemuka, memperkenalkan pendekatan baru dan kolaboratif untuk menangani urbanisasi yang pesat dan tidak terencana.

Program ini memiliki misi meningkatkan akses terhadap fasilitas pokok bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan kumuh. Fasilitas tersebut meliputi akses terhadap sanitasi, air bersih, tenaga listrik dan penampungan limbah yang layak.

Baca Juga: Melalui “Let’s Colour Walls of Connection”, AkzoNobel Ajak Berdayakan Wanita Jakarta

Bekerja sama dengan Slum Dwellers International (SDI) dan Utrecht University, HCC membidik wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, sebagai salah satu tempat pelaksanakannya.

Mereka telah mengadakan kajian untuk menentukan kebutuhan dari masyarakat di Penjaringan, Jakarta Utara. Hasilnya, wilayah yang dihuni oleh lebih dari 30.000 orang tersebut menghadapi permasalahan seputar kualitas lingkungan, sanitasi dan sistem pembuangan (drainase) yang buruk, kekurangan air bersih serta pengelolaan air limbah yang minim.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, kami telah aktif bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait selama bertahun-tahun untuk membantu membuat kehidupan kota menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali dan bekerja,” kata Jun de Dios, Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia).

Baca Juga: Terinspirasi dari Peran Ibu yang Luar Biasa, AkzoNobel Kenalkan Dulux Catylac Glow

Jun de Dios menambahkan, Human Cities Coalition adalah cara untuk membuat perbedaan yang lebih besar lagi dalam masyarakat, membangun kemitraan yang berkelanjutan serta menciptakan dampak langsung kepada masyarakat.

Adapun, Fleur Henderson, Direktur Human Cities Coalition, menjelaskan bahwa pihaknya memfokuskan diri pada inisiatif perkotaan dengan peran signifikan dari pihak swasta dan
masyarakat yang tinggal di tempat kumuh.

“Kami yakin bahwa inisiatif ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap kelangsungan hidup masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya.

Lokakarya Inovasi Sosial

AkzoNobel bersama perwakilan pemerintah, masyarakat Penjaringan, sektor swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berpartisipasi dalam lokakarya inovasi sosial. Lokakarya ini bertujuan merancang solusi kemitraan publik-swasta yang inovatif yang dapat menjawab kebutuhan dari masyarakat Penjaringan.

Hasil utama dari lokakarya tersebut terdiri dari solusi seputar model gabungan air minum dan sanitasi, metode baru penyediaan perumahan serta peningkatan kualitas air di waduk Pluit, Jakarta.

Hasil ini akan dikaji lebih lanjut dan dikembangkan menjadi 1 atau 2 fokus skema dampak sosial dan direncanakan akan diujicobakan di awal tahun 2018.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjukkan dukungan terhadap program Human Cities Coalition dengan memberikan pengetahuan teknis yang diperlukan terkait air dan
sanitasi dalam membangun kemitraan publik-swasta.

“Kami menyambut baik kemitraan strategis ini dan diharapkan inisiatif ini akan membantu mempercepat peningkatan akses terhadap air bersih, fasilitas sanitasi dan infrastruktur di daerah padat penduduk,” kata Dr. Ir Oswar Muadzin Mungkasa, MURP, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda