Ingin Betah di Kolam Renang, Pertimbangkan Dulu Faktor Ini

Sebelum menghadirkan kolam renang di rumah, cermati berbagai faktor agar keberadaannya mampu memenuhi kebutuhan aktivitas Anda.

Sebelum menghadirkan kolam renang, ada baiknya memperhitungkan dana perawatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki ruang olah raga di rumah tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri. Apalagi fasilitas itu adalah kolam renang, tentunya akan menyenangkan dan Anda bisa bebas berakvitas.

Karena sangat privasi, ruang luar satu ini biasa dijadikan sebagai area relaksasi yang tenang. Hanya saja, menghadirkan kolam renang di rumah membutuhkan kecermatan khusus. Bila salah menerapkannya, keberadaan area privasi ini jadi tidak menarik dan akan terlihat kurang estetis.

Berikut ini ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum Anda berpikir untuk membangun kolam renang di rumah.

Baca juga: Ruang Luar Ini Tak Sebatas Sebagai Pelengkap Hunian Nan Indah

Pertama, ketika merencanakan untuk membuat kolam renang, Anda harus menentukan jenis kolam renangnya terlebih dahulu, seperti apa yang akan dibuat.

Pertimbangkan juga besar lahan yang dibutuhkannya. Besaran area kolam haruslah menyesuaikan luas bangunan rumah. Biar proporsional, desainnya harus sesuai kebutuhan.

Pikirkan juga letaknya, apakah akan ditempatkan di luar atau di dalam rumah? Penempatan ini juga akan berpengaruh pada perawatan kolam tersebut.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan materialnya. Daya tahan kolam renang sebenarnya ditentukan oleh kualitas bahan dan perawatan. Bahan beton dan fiberglass merupakan material yang terbaik.

Namun, jika Anda ingin yang lebih murah, dapat memilih berbahan vinyl, akan tetapi risikonya adalah harus lebih sering merawat.

Pilih Material dan Aksesorisnya
Anda menyukai kolam renang yang terlihat tidak polos, material yang dapat dipilih bisa menggunakan ubin atau lantai kolam. Jika memilih material yang tepat, Anda bisa berkreasi dengan bebas untuk mempercantik tampilannya.

Pilih jenis lantai yang berwarna-warni sehingga tampilan kolam renang jadi lebih menarik. Usahakan memilih material yang mudah dibersihkan. Selain meminimalisasi perawatan, kolam renang akan selalu dalam kondisi baik.

Perawatan juga termasuk hal yang penting. Sebelum merealisasikan, ada baiknya memperhitungkan dana perawatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, dana untuk melakukan perbaikan juga cukup penting untuk dialokasikan.

Agar lebih ciamik, lengkapi dengan aksesori yang fungsional. Hal ini penting, selain kolam renang terlihat cantik, penempatan aksesori ini juga akan menambah Anda lebih betah berlama-lama di kolam renang.

Beberapa aksesori pelengkap yang bisa dihadirkan di sekitaran kolam renang yang bisa diadopsi misalnya gazebo, papan seluncur, ataupun air terjun kecil.

Buat yang bisa menghabiskan waktu di kolam renang dengan bersantai, Anda dapat meletakkan kursi malas dan payung di bibir kolam. Jadi selain bersantai, bisa juga untuk memanjakan diri dengan berjemur.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda