Ingin Merancang Home Theater di Rumah? Begini Acuan dalam Membuatnya

Agar ruang home theater di rumah tampil maksimal, anda perlu mempertimbangkan berbagai aspek dalam merancangnya. Beberapa hal ini bisa menjadi acuannya.

home theater dengan sistem projektor. (Foto: www.teamne.net)

RumahHokie.com (Jakarta) -Memiliki ruang entertainment sendiri di rumah merupakan dambaan bagi banyak orang. Terlebih, bagi anda yang gemar menonton film maupun bermain game console, kehadiran sebuah home theater di rumah menjadi salah satu fasilitas yang wajib ada.

Terdapatnya ruang yang dibuat khusus serta didukung oleh aplikasi audio visual yang canggih, akan mendatangkan kepuasaan dan kesenangan bagi pemilik rumah saat melakukan aktivitas menonton film favorit ataupun bermain game console.

Baca Juga: Munculkan Nuansa Interior Hunian yang Lembut dengan 3 Cara

Agar ruang home theater bisa tampil maksimal, anda perlu mempertimbangkan berbagai aspek dalam merancangnya. Diantaranya, sistem perangkat audio visual yang dipakai, furnitur, hingga desain akustik pada ruangan. Beberapa hal ini bisa menjadi poin acuan anda dalam membuat rancangan ruang home theater sendiri di rumah.

Pengaturan  layar dan speaker

Dalam membangun sebuah ruang home theater, diperlukan pengaturan dalam meletakan layar televisi ataupun proyektor dengan jarak sofa yang dihitung secara baik.

Jika merunut perhitungan rumus yang berlaku secara internasional, meletakan layar televisi atau layar proyektor ke mata penonton minimal 5 kali ukuran diagonal atau jarak dari ujung layar kiri atas ke ujung layar kanan bawah. Misalnya, untuk layar TV berukuran 21 inchi jarak minimal penonton 2,67 meter. Tentukan pula peletakan speaker, apakah hendak digantung di sudut plafon atau berupa standing speaker.

Pencahayaan yang tepat

Pencahayaan ruang home theater merupakan elemen penting berikutnya yang wajib diperhatikan. Jika menggunakan proyektor, pastikan pencahayaan yang anda pakai tidak membuat gambar menjadi berbayang. Gunakan lampu downlight untuk pencahayaan. Kemudian lengkapi dengan dimmer untuk mengatur intensitas cahaya sesuai kenyamanan mata.

Baca Juga: Perangkat Elektronik Ini Dapat Diaplikasikan Sebagai Elemen Interior

Cegah kebocoran suara

Salah satu aspek yang juga perlu diperhatikan adalah kebocoran suara yang datang dari area luar ruangan ke dalam atau sebaliknya. Hal itu tentunya akan mengganggu kenyamanan saat menonton film.

Oleh karena itu, anda perlu mengaplikasikan material akustik pada bagian dinding belakang, dinding samping, serta area sound speaker. Bagian lantai dan pintu juga perlu diperhatikan. Anda dapat menggunakan material jenis lain seperti karpet, parket, papan gypsum, maupun plywood untuk melapisi bagian dinding dan lantai.

Gunakan Furnitur yang tepat

Jika luas ruang home theater terbatas, pilihlah sofa berdesain simpel namun tetap nyaman saat diduduki. Namun, apabila ruang yang tersedia cukup besar, anda bisa memilih reclining chairs yang nyaman. Tambahkan pula coffee table untuk meletakkan minuman dan cemilan serta rak untuk menyimpan koleksi film anda.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda