Ingin Punya Rumah di Usia 30 Tahun? Ini yang Kamu Harus Lakukan

Membeli hunian pertama dengan usaha sendiri memang bukan perkara mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pendanaan dan usaha keras, agar hunian idaman dapat terwujud.

pasangan mudah beli rumah baru-rumahhokie.com
Ilustrasi rumah. (Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Siapa bilang punya rumah impian sebelum usia 30 tahun hal yang mustahil? Dengan tekad yang bulat dan kerja keras, kamu bisa kok mewujudkan keinginan tersebut.

Membeli hunian pertama dengan usaha sendiri memang bukan perkara mudah. Pasalnya, harga rumah sederhana tipe 21 di pinggiran Jakarta saja sudah mencapai ratusan juta rupiah.

Walaupun demikian, kamu tetap bisa mendapatkan rumah idaman sebelum usia 30 tahun asalkan menjalankan strategi dan aliran pengeluaran uang yang jitu. Dilansir dari laman MoneySmart, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan.

Baca Juga : Ini Dia Rumah Subsidi di Kawasan Bekasi, Tangerang dan Bogor

Tentukan budget harga rumah incaran
Langkah pertama yang perlu dilakukan, tentukan budget harga rumah yang ingin dibeli. Lakukanlah survei lokasi yang kira-kira sesuai dengan dana yang dimiliki.

Kamu dapat mencari lokasi di daerah sub urban yang cenderung memiliki harga rumah terjangkau. Misalnya, Depok, Tangerang, Bekasi, atau Cikarang.

Sesuaikan dengan kemampuan ekonomi dan gaji yang kamu dapat setiap bulannya. Cobalah buat simulasi pembayarannya hinggat beberapa tahun kedepan.

Cari tahu mengenai info KPR
Jika kamu merasa berat dengan pembayaran secara cash, bisa menggunakan program KPR dari bank yang bekerjasama dengan developer properti.

Setiap bank memiliki program KPR dengan fasilitas kemudahan tertentu. Nah, coba cari tahu program pembiayaan tersebut yang dapat memudahkan dalam kepemilikan rumah.

Tambahan info, awal Agustus nanti, Bank Indonesia (BI) akan menerapkan program pelonggaran Loan to Value (LTV) dan Financing to Value (FTV).

Jika sebelumnya besaran down payment (DP) yang harus dibayar sebesar 15% dari total pinjaman, namun nanti, BI akan membebaskan pembayaran uang muka untuk rumah pertama dengan tipe hunian apapun.

Baca Juga : Memaksimalkan Tampilan Interior pada Rumah Tipe 21, Ini Tipsnya!

Saatnya untuk menabung
Agar dana untuk pembelian rumah impian dapat terkumpul, sisihkan anggara 30% dari gaji kamu per bulannya untuk ditabung. Kini saatnya mengatur aliran pengeluaran dengan se-cermat mungkin.

Tekan biaya untuk gaya hidup
Semua strategi yang udah disebutkan di atas akan terwujud kalau kamu bisa menekan gaya hidup. Rapatkan dompet untuk hal-hal yang memang tidak diperlukan. Misalnya, batasi untuk nongkrong di kafe atau resto. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hal-hal menyenangkan lho, Hokie People.

Selamat mencoba!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda