Ingin Ruangan Apartemen Anda Terasa Lapang? Berikut Ini Langkah Cermat dalam Menatanya

Diperlukan langkah cermat yang diterapkan dalam menata interior unit apartemen, agar penghuninya dapat memperoleh kesan lapang.

omApartement-RumahHokie.com-Istimewa-appmon.com
Keterbatasan lahan menjadi kendala utama dalam mengatur ruang serta menatanya. Diperlukan kreativitas untuk mengolah ruang secara efisien. (Foto: Appmon)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi anda yang tinggal di apartemen, keterbatasan lahan seringkali menjadi kendala utama dalam mengatur posisi ruang serta menatanya. Diperlukan kreativitas dalam menata interior di unit apartemen anda secara efisien, agar terasa nyaman sekaligus menghadirkan keindahan.

Diperlukan langkah cermat yang diterapkan dalam menata interior unit apartemen, agar penghuninya dapat memperoleh kesan lapang, sehingga semua kebutuhan akan ruangan dapat terpenuhi.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga dan Ruang Makan dalam Satu Area

Gunakan furnitur modular

Jenis furnitur ini mulai populer di Indonesia seiring dengan bertumbuhnya hunian kecil dan unit apartemen. Furnitur modular merupakan perabotan yang memiliki lebih dari satu fungsi dan bentuk. Selain praktis digunakan, furnitur modular juga menjadi solusi untuk menghemat luasan.

Kreasikan dinding

Bagian dinding merupakan salah satu area yang potensial untuk dijadikan sebagai
tempat penyimpanan. Selain berguna untuk menempatkan pajangan (wall art),
Anda bisa “mengisi” dinding dengan lemari atau rak terbuka sebagai tempat penyimpanan. Desain lemari yang atraktif mampu menabah daya tarik visual pada ruangan.

Baca Juga: Tips Menata Interior Apartemen Bergaya Work Office Home Office

Furniture Kostum

Terbatasnya lahan di unit apartemen juga membuat anda disarankan  menggunakan furnitur ukuran yang dipesan khusus sesuai kebutuhan. Sebelum membuatnya, tentukan terlebih dahulu jenis dan fungsi yang diinginkan.

Ada berapa banyak fungsi dalam satu furnitur serta dimana perletakannya. Sebab
menempatkan furnitur yang dipesan secara khusus tidak bisa sebebas meletakkan loose furniture. Posisikan furnitur menempel atau justru “menyatu” dengan dinding agar ruangan terlihat lebih lapang.

Dapur ‘model I’

Buatlah dapur dengan desain model I. Selain bentuknya yang simpel, model dapur ini juga berguna untuk menghemat ruang. Anda bisa memanfaatkan dinding untuk membuat lemari penyimpanan.

Bahkan ada beberapa desain dapur yang kemudian menyatukan fungsinya dengan ruang makan dengan cara membuat meja makan lipat. Jika tidak dibutuhkan, meja bisa dilipat dan di “sembunyikan” di dalam lemari dapur. Ide kreatif berikutnya adalah dengan menutup sink agar berubah fungsi menjadi area memotong bahan makanan saat memasak.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda