Ingin Suhu Rumah Menjadi Adem? Yuk Buat Taman di Atas Atap!

Dengan hadirnya roof garden akan memberikan tampilan yang asri pada bangunan dan juga bermanfaat untuk mendinginkan suhu ruangan di bawahnya.

Kehadiran Roof Garden pada sebuah bangunan, akan menangkal suhu panas dari sinar matahari. (Foto: dluxeinternacional.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keterbatasan lahan di perkotaan, menuntut masyarakat untuk mencari solusi jika ingin menghadirkan ruang terbuka hijau atau taman di huniannya. Roof garden adalah ruang terbuka hijau buatan yang letaknya di level paling atas dari bangunan (biasanya atap atau balkon).

Taman di atas atap ini dirancang sebagai area untuk menanam tanaman yang tak terlalu berat, sehingga dapat memberikan keteduhan. Selain itu, area hijau ini pun dapat digunakan sebagai tempat berkumpul serta bersantai para penghuni bangunan.

Dengan menghadirkan taman di atap atau roof garden, tak hanya akan memberikan tampilan yang asri pada bangunan, namun juga secara tidak langsung bermanfaat untuk mendinginkan suhu ruangan di bawahnya.

Baca Juga: Ciptakan Nuansa Indah di Taman Anda dengan Sepeda Tua

Dikutip dari laman Arsitag.com, terdapat beberapa cara dalam membuat roof garden sendiri di rumah yang terbilang mudah. Berikut ini inspirasi idenya!

Pertahankan keterbukaan

Pemandangan dari roof garden memberikan ‘pengalaman ruang hijau’ yang berbeda. Oleh karenanya, semua elemen desain harus dipertahankan dan dimaksimalkan. Dengan membiarkan area roof garden terbuka, pemilik bangunan akan mendapatkan area hijau tersebut terkesan lebih luas. Pertimbangkan penggunaan pagar kaca transparan.

Namun apabila ingin menambahkan privasi pada roof garden, anda dapat membatasi sudut tertentu dengan kisi-kisi besi atahu bahkan pagar tanaman.

Mempersiapkan media tanam

Keunggulan dengan dihadirkannya roof garden pada rumah adalah sang pemilik bangunan tak harus memerlukan lahan yang besar dan tanah yang banyak untuk media tanamnya. Hanya saja, pemilik rumah tetap harus memperhitungkan kapasitas berat struktural atap, sistem drainase, persediaan air, paparan cahaya matahari dan sistem pendukung lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Sih Membentuk Taman Agar Terlihat Asri dan Fungsional?

Memilih jenis tanaman

Tanaman yang ideal untuk roof garden harus tahan lama dan mampu menangkal angin dan kondisi buruk lingkungan lainnya. Jika bangunan rumah anda memiliki atap yang luas dan ingin menangkal efek buruk dari udara lingkungan sekitar, bisa menanam bambu dan rumput.

Kombinasi dua jenis tanaman tersebut cenderung memiliki perawatan yang rendah. Anda juga bisa meletakan jenis tanaman hias ataupun tanaman sayur. Pertimbangkan permainan warna dan jenis tanaman, agar tercipta nuansa yang indah nan asri pada roof garden anda.

Gunakan ruang vertikal

Apabila area lahan roof garden anda tak terlalu luas, pertimbangkan untuk menggunakan ruang tanam secara vertikal. Gantung rak tanaman di dinding, gunakan pagar tanaman dan pergola.

Jangan lupakan pencahayaan

Di malam hari, pencahayaan memiliki peranan penting dalam menerangi area roof garden anda. Dengan membuat tata cahaya yang baik, area hijau terbuka tersebut bisa sangat cantik di malam hari. Oleh karena itu, ada baiknya menempatkan lebih banyak titik lampu.

 

Dengan memperhatikan beberapa point di atas, semoga dapat membantu anda dalam menghadirkan roof garden atau taman di atas atap hunian. Selamat mencoba!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda