Ini Dia Cara Alternatif Basmi Jentik Nyamuk di Lingkungan Rumah

Genangan air kotor serta tumpukan barang yang berada di sekitar rumah, akan menjadi tempat bagi jentik nyamuk untuk hidup dan bersarang.

Cara membasmi jentik
Ilustrasi nyamuk DBD. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Peralihan musim kemarau menuju musim penghujan atau yang dikenal pula dengan pancaroba, menjadi momen bagi jentik nyamuk untuk berkembang biak.

Genangan air kotor serta tumpukan barang yang berada di sekitar rumah, akan menjadi tempat bagi jentik nyamuk untuk hidup dan bersarang.

Jentik merupakan tahap larva dari siklus perkembangbiakan nyamuk. ‘Bibit hewan’ itu memiliki perilaku mendekat atau menggantung pada permukaan air yang statis untuk bernafas.

Tentunya, jika dibiarkan tanpa dilakukan tindakan pencegahan, jentik akan berkembang menjadi nyamuk yang berpotensi dapat menularkan berbagai penyakit, seperti malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

Baca Juga: Cara Agar Rumah Anda Terbebas Nyamuk, Ikuti Langkah Ini!

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membasmi jentik nyamuk yang berada di sekitar lingkungan rumah. Berikut ini beberapa diantaranya yang bisa Hokie People terapkan di rumah.

Membasmi jentik nyamuk dengan cara memanen
Dilansir dari tips yang dibagikan oleh Ikatan Alumni PGKP IPB, ternyata salah satu cara untuk membasmi pertumbuhan jentik nyamuk adalah dengan ‘memanen-nya’

Berikut ini langkahnya.
1. Tampung air hujan di ember atau kaleng cat bekas cat. Letakkan tampungan air tersebut di tempat yang gelap atau sekitar pohon di mana nyamuk senang berada.

Baca Juga: Tirai Magnetis Bikin Udara Segar, Kamar Jadi Bebas Nyamuk

2. Setelah lima hari kemudian, akan banyak jentik nyamuk di wadah tersebut. Kemudian, saring air tersebut menggunakan saringan teh. Jangan lebih dari enam hari, karena akan tumbuh menjadi nyamuk.

3. Buang jentik nyamuk tersebut ke tanah kering agar mati. Bisa pula menjadi makanan untuk ikan peliharaan Anda.

4. Letakkan kembali air bekas saringan jentik di tempat yang sama.

Baca Juga: Begini Saran Lula Kamal untuk Ciptakan Rumah yang Selalu Sehat

5. Jika jentik sudah terkumpul, ulangi proses tersebut hingga beberapa kali. Biasanya, puncak jumlah jentik nyamuk akan berada di minggu ke 3 dan ke 4. Setelah itu jentik akan terus berkurang, karena populasi nyamuk semakin berkurang.

Basmi jentik nyamuk dengan biji pepaya
Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan biji pepaya. Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan RI, limbah biji pepaya yang biasanya dibuang, juga bisa pula digunakan untuk membasmi jentik nyamuk.

Caranya dengan mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu kemudian dihaluskan dan dicampur dengan tawas halus, dengan perbandingan tawas dan biji pepaya 1:2.

Campuran tersebut dikemas dalam kain kasa dan direndam dalam air yang banyak terdapat jentik nyamuk dan berhasil membasmi jentik nyamuk.

Langkah ini ditemukan dari hasil penelitian dua orang siswi, yakni Irna Jelita ES dan Yahinsta Devi dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta yang diikutkan pada Sagasitas Reasearch Exhibition 2013.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda