Ini Dia Gagasan Perencanaan Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan

Identitas bangsa Indonesia akan diterjemahkan ke-dalam Urban Design pada perencanaan wilayah ibu kota baru di Pulau Kalimantan.

Rencana-Desain-Ibukota Indonesia, Kalimantan, Kementerian PUPR
Desain inti dari pusat pemerintahan Indonesia di Kalimantan akan dibangun melalui konsep yang menghimpun keberagaman sesuai Bhineka Tunggal Ika. (Gambar: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Gagasan pemindahan ibu kota negara Indonesia kembali menghangat. Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa ibu kota RI akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan.

Meski belum ada informasi pasti mengenai provinsi di Kalimantan mana yang dipilih sebagai ibu kota baru untuk menggantikan Jakarta, namun kajian serta perencanaannya sudah mulai digagas oleh pemerintah.

Sejumlah perencanaan sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung pemindahan ibu kota, seperti gedung perkantoran, sarana utilitas serta fasilitas publik tengah dikaji dan dipersiapkan pemerintah melalui Kementerian terkait.

Baca Juga: Dukung Pemindahan Ibukota, REI Beri Empat Masukan untuk Pemerintah

Rencana-Desain-Ibukota Indonesia, Kalimantan, Kementerian PUPR
Gagasan Ibukota Indonesia di Kalimantan akan menghadirkan wilayah yang inklusif secara sosial, produktif secara ekonomi serta ramah lingkungan. (Gambar: dok. Kementerian PUPR)

Berdasarkan paparan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai ‘Gagasan Rencana & Kriteria Desain Ibu Kota Negara (IKN)’, yang diterbitkan, Rabu (01/08/2019) lalu, terlihat bahwa nantinya kawasan tersebut dirancang sebagai representasi identitas dan kemajuan bangsa yang unggul.

Identitas bangsa Indonesia akan diterjemahkan ke-dalam Urban Design ibu kota baru. Gagasan perencanaan tata wilayah baru di Kalimantan ini dibangun secara filosofis, yang berasal dari pilar-pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Baca Juga: Tiga Isu Hukum dalam Wacana Pemindahan Ibukota Negara

Rencana-Desain-Ibukota Indonesia, Kalimantan, Kementerian PUPR
Gagasan rencana Ibukota negara Indonesia di Kalimantan. (Gambar: dok. Kementerian PUPR)

Desain dengan identitas kebangsaan akan hadir melalui morfologi dan fungsi-fungsi kota; ketersediaan ruang-ruang bagi aktivitas masyarakat yang mendorong prinsip gotong royong; dan fungsi-fungsi serta wadah yang melestarikan sejarah budaya bangsa.

Selain menampilkan kota sebagai identitas bangsa, desain perencanaan wilayah gagasan Kementerian PUPR ini juga didasari oleh pertimbangan kehidupan sosial, ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Pengembang Usulkan Harga Rumah Naik, Ini Jawaban Kementerian PUPR

Rencana-Desain-Ibukota Indonesia, Kalimantan, Kementerian PUPR
Gagasan desain Ibukota Indonesia yang baru juga mencangkup rancangan moda transportasi massal yang ramah lingkungan. (Gambar: dok. Kementerian PUPR)

Desain tata kota akan dibuat dengan meminimalisir intervensi terhadap alam serta mengintegrasikan ruang-ruang hijau dan biru.

Selain itu, gagasan tata kota ini juga dibuat dengan mengadopsi konsep pembangunan gedung serta infrastruktur ramah lingkungan dan moda transportasi yang terintegrasi. Gagasan ini akan mengkolaborasikanb antara arsitektur modern dengan local wisdom pada sejumlah rancangan gedung.

Untuk mendukung aktivitas pemerintahan, gagasan ibu kota Indonesia yang baru ini akan dilengkapi pula dengan serangkaian teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung konsep pembangunan kota yang compact dan smart.

Menarik ya, Hokie People jika gagasan ini bisa terwujud!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda