Ini Dia Jenis Tanaman Obat Keluarga yang Mudah Ditanam di Rumah

Setiap pemilik rumah dapat menanam dan membudidayakan sejumlah jenis tanaman obat secara mandiri serta mudahnya di hunian mereka.

Tips menanam tanaman obat di rumah, tanaman obat keluarga
Rosemary menjadi salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai obat di rumah. (Foto: Gardeners World)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keberadaan tanaman di halaman rumah, bukan saja hanya bisa menghadirkan udara segar dan mempercantik hunian. Namun, dengan menanam tanaman obat keluarga (TOGA), pemilik hunian akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Mengutip dari Wikipedia, tanaman obat keluarga atau TOGA merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang ditanam di kebun atau halaman dan berkhasiat sebagai obat.

Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan mudahnya. Pemilik rumah dapat menanam tanaman obat di sebidang taman di rumah. Namun jika lahan rumah terbatas, Anda dapat mengaplikasikannya pada pot-pot kecil.

Baca Juga: 4 Tanaman Hias yang Mudah Perawatan dan Cantik untuk Dekorasi Ruang

Lantas, tanaman obat jenis apa saja yang bisa menjadi pilihan? Simak pembahasannya berikut ini yang telah kami himpun dari berbagai sumber.

Rosemary
Rosmarin atau Rosemary merupakan tanaman jenis rempah yang bisa menjadi tanaman obat keluarga. Selain bisa digunakan sebagai penambah cita rasa masakan, Rosmary juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat keluarga.

Tanaman itu memiliki kandungan antioksidan dan antiradang yang bagus untuk pencernaan, ingatan dan konsentrasi.

Baca Juga: Selain Indah, 4 Jenis Tanaman Ini Berguna Mengusir Nyamuk di Rumah

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengolah Rosemary dengan cara dimasak seperti biasa, diseduh dalam teh panas, atau diracik menjadi minyak essential oil. Aromanya ampuh untuk menenangkan mood dan bisa juga membantu penyembuhan iritasi kulit atau luka.

Temulawak
Tanaman selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat juga adalah Temulawak. Tumbuhan dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini, dapat dimanfaatkan salah satu bahan rimpangan dengan khasiat anti mikroba, antioksidan, anti inflamasi, anemia, obat jerawat, dan sebagai penambah nafsu makan.

Jeruk nipis
Tanaman dengan nama latin Citrus aurantifolia ini sudah dikenal oleh khalayak
akan khasiatnya sebagai obat keluarga.

Baca Juga: Kreasi Pot Tanaman Cantik dan Unik yang Terbuat dari Barang Bekas

Mengandung mineral, vitamin B1, asam sitrat, cadinen, kandungan Vitamin C dengan kadar baik bagi tubuh manusia, jeruk nipis bermanfaat sebagai anti deman, anti inflamasi, mengurangi gejala batuk berdahak, dan anti bakteri.

Daun Basil
Basil merupakan salah satu jenis daun rempah yang umumnya digunakan untuk masakan. Meski demikian, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal.

Daun basil memiliki kandungan rangkaian mineral dan vitamin, termasuk juga flavonoid dan minyak esensial,yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda