Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Material Papan Kayu MDF

Material MDF merupakan olahan kayu dari serpihan dan serbuk kayu yang dipadatkan. Seiring tren, material itu marak digunakan sebagai pengganti dari kayu solid.

Kelebihan dan kekurangan Papan MDF, Furnitur
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Seiring dengan harga material kayu solid yang semakin mahal dan pasokannya kian terbatas, membuat produsen furnitur beralih ke papan Medium Density Fiber Board (MDF) sebagai bahan baku dalam membuat furnitur.

Berbagai produk furnitur, seperti lemari pakaian, meja dan sebagainya, yang terbuat dari papan MDF cenderung lebih murah. Oleh karena itu, banyak masyarakat lebih memilih furnitur yang menggunakan material tersebut.

Material MDF merupakan olahan kayu dari serpihan dan serbuk kayu yang dipadatkan. Seiring tren, material itu marak digunakan sebagai pengganti dari kayu solid. Papan ini memiliki permukaan yang terbilang cukup halus.

Baca Juga: Nestudio: Pentingnya Adaptasi Zaman dalam Industri Furnitur

Lalu, apalagi kelebihan dari jenis kayu olahan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan papan MDF
Papan MDF memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan papan kayu jenis lainnya. Dengan tingkat kepadatan yang tinggi, yakni mencapai 750—800kg/m³, furnitur yang terbuat dari bahan MDF tidak mudah remuk atau rusak.

Selain itu pula, karena memiliki permukaan yang lebih halus dan tidak ada permukaan
yang berlubang, MDF akan terlihat lebih indah ketika ditambahkan cat kayu. Bahan papan MDF juga terbilang ringan, sehingga furnitur yang terbuat dari material ini lebih mudah dipindahkan.

Baca Juga: Berencana Mengganti Furnitur, Yuk Perhatikan Tips Sebelum Membeli!

Kekurangan papan MDF
Dibalik berbagai kelebihannya tersebut, nyatanya papan MDF juga memiliki kekurangan. Materia jenis ini mudah menyerap air. Hal ini akan menimbulkan masalah karena furnitur
akan menjadi lembap dan mudah lapuk serta rusak.

Kekurangan selanjutnya dari kayu olahan ini adalah papan MDF ini tidak terlalu kuat untuk dipaku ataupun dipasangi skrup pada bagian sikunya. Jika salah pengaplikasiannya, material ini berisiko mengalami kerusakan.

Menggunakan lem kayu juga tak menjadi jaminan, papan MDF menjadi rekat. Untuk perakitan, sebaiknya Anda menyerahkannya kepada pekerja profesional.

Baca Juga: Keren! Rancangan Furnitur Surealis Ini Bisa Multifungsi

Sisi negatif lainnya dari jenis kayu pabrikan ini adalah mengandung debu serbuk kayu. Oleh karenanya, apabila hendak memperbaiki furnitur yang terbuat dari MDF, pastikan untuk selalu menggunakan masker.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan dari material kayu MDF. Tertarik untuk menggunakannya?

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda