Ini Dia Lampu Inovatif, Dapat Cegah Virus Corona Menyebar di Rumah

Sterilising Lamp ciptaan Frank Chou menggabungkan sinar ultraviolet (UV) dengan wadah baki, sebagai dapat berfungsi sebagai alat disinfektan untuk menangkal virus Corona.

Lampu Create Cures, Lampu penangkal virus corona, virus Covid-19
Lampu Sterilisasi Frank Chou menggabungkan sinar ultraviolet (UV) dengan wadah baki untuk menyimpan barang, seperti kunci kendaraan ataupun smartphone. (Foto: Dezeen)

RumahHokie.com (Jakarta) – Beberapa hari lalu Pemerintah RI mengumumkan kabar terbaru dari jumlah penderita virus Corona di Indonesia yang bertambah sebanyak 7 orang. Dengan tambahan itu, total pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 menjadi 34 orang.

Maraknya penyebaran Corona yang bermula di Wuhan, China, membuat berbagai kalangan mencoba mencari cara dalam pencegahannya.

Seperti dilakukan oleh desainer produk asal China bernama Frank Chou yang menciptakan prototipe lampu steriliasi ultraviolet untuk mencegah menyebarnya Corona di dalam rumah.

Baca Juga: Demi Kualitas Hidup, Apartemen di Moscow Ini Dibangun Penuh Warna

Mengutip dari Dezeen, Jumat (13/03/2020) produk yang diberi nama Sterilising Lamp ini merupakan bagian dari seri Create Cures, yang dirancang sebagai respons terhadap wabah penyakit coronavirus.

“Kami percaya coronavirus akan segera berakhir. Akan tetapi sebagai manusia, kami harus menghadapi lebih banyak tantangan kesehatan masyarakat dalam waktu dekat,” kata Frank, yang memprakarsai proyek Create Cures.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai seorang desainer, ia harus mendefinisikan kembali apa itu desain, dan apa yang bisa dilakukan sebagai desainer serta ide yang bisa disumbangkan.

Baca Juga: Terinspirasi dari Buku Anak, Desain Sekolah Ini Tampil Menggemaskan

Lampu sterilisasi ciptaan Frank Chou menggabungkan sinar ultraviolet (UV) dengan wadah baki, sebagai tempat penyimpanan barang berukuran kecil.

Menurut Frank, lampu meja ini dapat berbaur dengan dekorasi rumah dan bisa berfungsi sebagai media disinfeksi virus Covid-19.

Sang desainer Sterilising Lamp menjelaskan bahwa idealnya lampu meja ini disimpan di dekat pintu masuk ke rumah.

Baca Juga: Inovasi Kafe di India, 90% Interiornya Terbuat dari Material Kardus

“Pengguna lampu steriliasi dapat memasukkan barang-barang kecil mereka, seperti ponsel, kunci, atau dompet ketika memasuki ruangan,” katanya.

Frank lebih lanjut menerangkan, pengguna lampu anti virus Corona cukup menekan penutup perangkat tersebut untuk mengaktifkan sumber cahaya UV internal. Kemudian, badan lampu akan otomatis menurunkan posisinya untuk menutupi barang-barang di baki dengan lampu UV.

“Setelah 60 detik penutup lampu secara otomatis akan naik, untuk memberi tahu barang yang diletakkan sudah steril,” jelas Frank.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda