Ini Dia Tips Dalam Memilih Warna Cat pada Fasad Rumah

Pemilihan warna fasad tak hanya mempengaruhi nilai estetika semata, namun juga berdampak pada kondisi suhu di dalam bangunan ketika terpapar cuaca.

Dengan pemilihan warna cat yang tepat pada bagian muka bangunan, akan membuat tampilannya semakin indah. (Foto: pinterest.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagian fasad pada sebuah rumah merupakan cerminan tampilan ruang dalam bangunan tersebut. Sebagian besar orang akan menilai indah atau tidaknya desain rumah melalui tampilan fasad.

Fungsinya memang menjadi selayaknya ‘muka’ untuk sebuah bangunan. Oleh karenanya, ketika merancang dan membangun rumah, penampilan fasad haruslah menjadi salah satu hal yang diberi perhatian khusus.

Salah satu cara agar mendapatkan tampilan fasad yang cantik adalah dengan melaburkan warna pada bidang-bidang dindingnya.

Baca Juga: 4 Hal Ini yang Harus diperhatikan Ketika Ingin Merancang Fasad

Seiring dengan hadirnya teknologi mesin tinting pada produk cat, memudahkan anda dalam memilih beragam palet warna sesuai kebutuhan dan selera. Setiap jenis warna memiliki karakter serta efek psikologis yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara memilih warna yang tepat? Simak beberapa tips berikut ini.

Pilih warna netral

Ketika merencanakan memilih cat untuk bagian fasad, sebaiknya pilih warna-warna netral, seperti krem, light grey ataupun putih. Warna terang diyakini mampu memantulkan sebagian besar terpaan sinar matahari sekaligus mereduksi panas. Dengan demikian, mampu mengurangi hawa panas yang akan masuk kedalam rumah.

Baca Juga: Mengenal Aneka Material Secondary Skin Pada Fasad Bangunan

Samakan dengan warna genteng

Dalam memilih tone warna untuk fasad, selain menyesuaikan warna dominan pada interior rumah, anda juga bisa menyamakan dengan warna genteng hunian. Warna dan bentuk genteng menjadi bagian dari tampilan eksterior sebuah rumah. Agar tampil selaras, pilihlah tone cat warna yang senada dengan warna genteng.

Gunakan warna terang sebagai aksen

Untuk menghadirkan tampilan muka bangunan yang keren dan tidak norak, sebaiknya anda tidak memilih warna-warna yang mencolok, seperti merah atau orange sebagai warna dominan pada fasad. Apabila ingin tetap menggunakan tone warna tersebut, anda bisa mengkombinasikan warna netral dengan warna mencolok sebagai aksen.

Misalkan, dengan mengaplikasikan warna biru pada salah satu bidang dinding yang menonjol, sementara bidang dinding lainnya diberi lapisan cat warna putih. Jika ingin tampil lebih atraktif, anda pun bisa mengaplikasikan warna cerah pada pagar atau secondary skin, sehingga tampilannya menjadi eye catcher pada rumah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda