Inilah Bank dan Pengembang Terbaik Versi Pemerintah

Penghargaan ini diberikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bagi bank dan pengembang yang berkontribusi dalam Program Sejuta Rumah.

rumah subsidi - MBR - rumahhokie - dok

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada para mitra kerja dalam pembangunan rumah di Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan memberikan penghargaan kepada perbankan dan pengembang perumahan yang berpartisipasi aktif dalam Program Sejuta Rumah.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Maurin Sitorus berharap, penghargaan ini dapat mendorong para mitra kerja, khususnya di sektor perumahan agar lebih bersemangat untuk membangun rumah untuk masyarakat di Indonesia.

Dia menambahkan, Program Sejuta Rumah tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada partisipasi aktif dari mitra kerja seperti pengembang perumahan, perbankan, pemerintah daerah, kementerian terkait serta masyarakat. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian PUPR akan terus mendorong terwujudnya berbagai kemudahan khususnya dalam hal perizinan perumahan.

“Dalam paket kebijakan ekonomi XIII yang dikeluarkan Pemerintah saat ini, setidaknya penyederhanaan serta pengurangan peraturan untuk mempercepat proses perizinan. Jika semula perizinan sebanyak 33, sekarang dipangkas menjadi 11 perizinan saja. Sedangkan waktu pengurusan izin yang biasanya lebih dari dua tahun dipangkas menjadi 44 hari saja,” tuturnya.

Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan KemenPUPR, yakni Bank Daerah yang Mendukung Pembiayaan Perumahan bagi PNS, Perusahaan yang membangun rumah MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) di wilayah Barat Indonesia, serta Perusahaan yang membangun rumah MBR di wilayah Timur Indonesia.

Kriteria Bank Daerah (BPD) terbaik adalah yang menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Program Fasilitas Lukiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan menyalurkan produk layanan Bapertarum terbanyak tahun 2016.

Di sisi lain, untuk kategori pengembang terbaik memiliki kriteria antara lain: membangun dan menjual rumah paling banyak di 2016. Kualitas rumah yang dibangun baik, dengan memerhatikan aksesibilitas, kompabnilitas (keserasian dan keterpaduan dengan kawasan), fleksibilitas (kemungkinan pemekaran kawasan perumahan), dan ekologi (keterpaduan dengan alam sekitar).

Berikut ini BPD dan pengembang perumahan MBR terbaik versi KemenPUPR:

Kategori Bank Daerah terbaik:
1. BPD Papua
2. BPD Kalimantan Tengah
3. BPD Nusa Tenggara Barat

Pengembang perumahan MBR terbaik di wilayah Barat:
1. PT Budi Langgeng Persada
2. PT Padma Warna Artha
3. PT Arteo Ferdian Nahrum

Pengembang perumahan MBR terbaik di wilayah Timur:
1. PT Bumi Mapanget Asri
2. Perumnas Cabang Kaltim
3. PT Mandiri Pratama Putra.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda