Inilah Baragam Manfaat Silica Gel di Rumah Anda

Butiran yang berbentuk seperti manik-manik ini berfungsi sebagai pengering dan memiliki aneka manfaat bagi barang-barang di hunian Anda.

manfaat - faedah - fungsi - silica gel silika - untuk rumah - rumahhokie - dok

RumahHokie.com (Jakarta) – Silica Gel merupakan mineral yang terbuat dari natrium silikat berbentuk butiran kecil seperti kaca atau manik-manik. Butiran yang bermanfaat sebagai pengering ini memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer.

Baca Juga: Tips Rumah Nyaman dan Sehat dengan Melihat Pergerakan Matahari

Memiliki afinitas yang kuat untuk molekul air, silica gel mampu mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebih. Dengan fungsinya tersebut, silica gel memiliki bermacam-macam faedah yang bisa diterapkan di hunian Anda.

Menjaga Lensa Kamera
Pencinta fotografi pasti tahu manfaat silica gel yang satu ini. Caranya mudah, masukkan kamera dan lensa ke dalam wadah penyimpanan kedap udara (biasa disebut dry box) dan masukkan silica gel ke dalamnya. Silica gel akan menyerap kelembapan dan menjaga lensa tetap kering sehingga jamur tidak menempel di sisi bagian dalam.

Menyimpan Dokumen dan Buku
jangan biarkan dokumen-dokumen penting atau buku-buku kesayangan Anda rusak, lapuk, dan berjamur akibat udara lembap. Untuk itu, biasakan menyimpan dokumen dan buku di dalam lemari dan masukkan pula beberapa kantong silica gel untuk mencegah proses oksidasi.

Baca Juga: Bebaskan Kamar Mandi dari Kelembapan, Begini Caranya

Pakaian Bebas Lembap dan Bau
Menyimpan pakaian di luar lemari bisa membuatnya lembap dan beraroma tak sedap. Jalan keluarnya, setrika pakaian Anda, kemudian lipat, dan masukkan ke dalam lemari beserta silica gel. Butiran gel ini akan mencegah pakaian menjadi lembap dan berbau, serta timbulnya warna kusam.

Pengharum Ruangan
Untuk mengharumkan ruangan, rendam silica gel ke dalam essential oil selama 10 – 15 menit. Lalu, masukkan gel silika yang sudah direndam tersebut ke dalam kantung kecil berpori dan gantung di dekat AC. Selain membuat ruangan terasa lebih segar dan harum, silica gel juga menyerap bau tak sedap di ruangan.

Baca Juga: Tiga Bahan Makanan Ini Ampuh Bersihkan Lumut di Dinding dan Lantai

Pertolongan Pertama Bagi Ponsel
Apakah ponsel Anda pernah tersiram air atau tercebur ke ember? Segera lepas baterai ponsel dan letakkan seluruh perangkat ponsel ke dalam dry box semalam penuh. Gel ini akan menyerap cairan yang menempel pada ponsel sehingga ponsel dapat kembali berfungsi.

Pisau Cukur Lebih Awet
Pisau cukur sering kali cepat berkarat karena diletakkan di ruangan lembap seperti kamar mandi. Agar pisau cukur awet, simpan di dalam kotak dan dimasukkan silica gel yang akan menyerap sisa air yang menempel di pisau cukur.

Baca Juga: Dinding dan Plafon Rumah Ditumbuhi Jamur? Ini Dia Cara Mengatasinya

Menjaga Kilau Perhiasan
Udara lembap bisa membuat warna perhiasan memudar, terutama perhiasan yang terbuat dari perak. Silica gel yang dimasukkan ke dalam kotak perhiasan akan menjaga perhiasan Anda tetap kering dan mengilap.

Bumbu Dapur dan Rempah Lebih Awet
Untuk mencegah bumbu dapur dan biji-bijian rempah berjamur dan berbau tak sedap, letakkan silica gel ke dalam wadah.

Manfaat Bagi Lemari Es
Masukkan secangkir silica gel ke dalam freezer untuk mencegah timbunan es. Di samping itu, gel ini juga dapat menjaga sayuran dan buah yang disimpan di dalam kulkas tetap segar.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda