Inilah Tampilan Rumah Masa Depan Ramah Lingkungan di Mars

Rancangan bangunan MARSHA diklaim dapat bertahan terhadap paparan cuaca ekstrem di Planet Mars serta bisa dihuni empat astronot.

Rumah di Mars, Spacefactory
(Foto: AI SpaceFactory and Plomp)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebuah biro arsitektur dan penelitian bernama AI Space Factory telah merancang rumah prototipe masa depan di Planet Mars. Hunian berbentuk elips ini dicetak dalam bentuk tiga dimensi (3D).

Proyek rumah contoh yang diberi nama MARSHA (Mars Habitat) tersebut merupakan satu dari lima desain yang dipilih oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam sebuah kompetisi berhadiah USD21 ribu.

Dilansir dari Archdaily, kompetisi bertajuk ‘NASA Printed Habitat Challenge’ itu meminta para arsitek untuk merancang rumah ramah lingkungan yang dapat bertahan terhadap paparan cuaca ekstrim di Mars serta bisa dihuni empat astronot.

Baca Juga: Dulu Gerbong Kereta Perang Dunia II, Kini Jadi Hunian Unik Bergaya Industrial

Rumah di Mars, Spacefactory
Selaiknya rumah tapak di bumi, hunian masa depan ini juga memiliki sejumlah area, seperti dapur. (Foto: AI SpaceFactory and Plomp)

Menurut AI SpaceFactory, rancangan bangunan MARSHA mewakili desain yang inovatif. Hunian ini mengadopsi silinder yang berorientasi vertikal, yang merupakan hasil dari serangkaian studi spasial dan efisiensi.

“Bentuknya memungkinkan hunian menjadi kapal yang sangat efektif untuk tekanan atmosfer dan tekanan struktural Mars,” papar AI SpaceFactory.

Baca Juga: Wow, Tahun 2022 Akan Ada Hotel Mewah Luar Angkasa Pertama di Dunia

Rumah di Mars, Spacefactory
Struktur dua kulit Marsha menciptakan ruang hybrid fleksibel yang menawarkan
berbagai kondisi pencahayaan maupun tingkat kebisingan. (Foto: AI SpaceFactory and Plomp)

Bangunan ini terbagi atas empat tingkat, yang terdiri dari garasi di lantai dasar, laboratorium kering dan dapur di lantai dua. Sedangkan pada lantai tiga terdapat kabin individu dan kolam hidroponik serta skyroom di lantai empat.

Rumah di Mars ini memiliki setidaknya satu jendela, yang digabungkan untuk menciptakan
panorama 360 derajat penuh.

Untuk desain interior-nya, firma arsitektur asal New York tersebut merancangnya untuk mengakomodasi tugas sepanjang hari di Mars dan berfungsi pula sebagai ruang evokatif untuk membantu kesehatan sosial dan mental.

Baca Juga: Terbuat dari Pipa Beton, Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Hunian di Perkotaan

Rumah di Mars, Spacefactory
Pihak Al Space Factory menerangkan bahwa hunian Marsha dapat melindungi manusia dari suhu yang sangat dingin, badai debu, dan radiasi yang ada di Planet Mars. (Foto: AI SpaceFactory and Plomp)

Lebih lanjut, mereka menerangkan bahwa material pembuat rumah inovatif tersebut dibentuk dari campuran bahan daur ulang yang mudah didapat di Mars. Bahan kompositnya terbuat dari serat basal yang berasal dari permukaan planet dan bioplastik terbarukan.

AI SpaceFactory mengklaim bahwa desain rumah untuk Planet Mars ini tahan terhadap paparan cuaca ekstrim serta radiasi di wilayah tersebut.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda