Inovasi Kafe di India, 90% Interiornya Terbuat dari Material Kardus

Desain sebuah kafe di India memanfaatkan bahan karton kardus untuk membentuk bagian dinding, meja, kursi, hingga kop lampu.

Kafe Kardus di Mumbai, India, Cafe Ramah Lingkungan, Cardboard Bombai
Kafe ini menggunakan material kardus untuk membentuk dinding, meja, kursi, hingga kop lampu. (Foto: Mrigank Sharma)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apa yang Anda pikirkan jika melihat tumpukan kardus di rumah? Mungkin sebagian dari kita akan menggunakannya untuk tempat menyimpan barang yang diletakkan di gudang rumah.

Akan tetapi tidak demikian yang dilakukan oleh sebuah studio arsitektur asal India, Nudes. Firma desain itu melakukan rancangan yang inovatif. Mereka menggunakan kardus karton (cardboard) sebagai material utama pada desain ruangan kafe di Mumbai.

Melansir dari Dezeen, Nudes Studio membangun interior kafe berjuluk ‘Cardboard Mumbai’ tersebut dengan menggunakan 90% material karton kardus sebagai bahan baku utamanya.

Baca Juga: Bali Punya Restoran Bebas Limbah Pertama di Indonesia

Kafe Kardus di Mumbai, India, Cafe Ramah Lingkungan
Area bar dari sebuah kafe di Mumbai, India, yang dirancang oleh Nudes Studio dengan menggunakan material kardus. (Foto: Mrigank Sharma)

Oleh perancangnya, bahan karton tersebut digunakan untuk membentuk bagian interior, seperti dinding, meja, kursi, hingga kop lampu.

Bentuk melengkung dan bergalur dari perabotan dibentuk oleh beberapa lapis potongan kardus yang presisi untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Sang arsitek utama, Nuru Karim, menjelaskan alasan dipilihnya material itu. Dia menuturkan karton kardus dipilih karena sifatnya yang bisa didaur ulang dan biodegradable.

Baca Juga: Menyerupai Gua Kuno, Museum Seni Ini Berada di Bawah Bukit Pasir

Kafe Kardus di Mumbai, India, Cafe Ramah Lingkungan
Meja dan kursi di kafe Mumbai, India, ini pun terbuat dari material kardus. (Foto: Mrigank Sharma)

“Membangun dengan karton berarti eksplorasi dan penyelidikan terus-menerus
terhadap kinerja material,” katanya.

Selain itu, material ramah lingkungan tersebut juga merupakan bahan isolasi, yang dapat meredam suara dengan baik, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk kenyamanan sebuah kafe yang ramai.

Agar furnitur ramah lingkungan ini dapat tahan terhadap paparan air dan perubahan suhu, studio desain tersebut melapisi setiap perabot bermaterial kardus itu dengan lapisan lilin.

Baca Juga: 5 Kafe dan Resto di Bogor Dengan Penampilan Interior yang Keren

Kafe Kardus di Mumbai, India, Cafe Ramah Lingkungan
Area bar dari sebuah kafe di Mumbai, India, yang dirancang oleh Nudes Studio dengan menggunakan material kardus. (Foto: Mrigank Sharma)

“Kami berharap bahwa kafe ini berkembang menjadi pusat dialog tentang peran desain, bahan & teknologi dalam melindungi sumber daya bumi menuju masa depan yang berkelanjutan,” tandas Nudes.

Sekedar informasi, kafe kardus di India ini merupakan kolaborasi antara dua bersaudara dari BAD Managements, yakni Amit dan Bhavna Dhanani dan juga Thyme & Reason Hospitality’s Shilpa Tulaskar dan Vishal Shetty.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda