Inovatif, Ada Rumah di Belanda yang Terbuat dari Serat Ganja

Perusahaan asal Belanda, Dun Agro mengubah tanaman ganja menjadi serat yang disebut hemp, kemudian digunakan sebagai material bangunan.

Rumah di Belanda Ini Terbuat dari Serat Ganja
(Foto: dunagro)

RumahHokie.com (Belanda) – Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar kata ganja? Mungkin sebagian dari kita akan berpikiran negatif tentang tanaman itu.

Sebuah inovasi dikembangkan oleh perusahaan asal Belanda, Dun Agro, yang membangun rumah pertama di dunia dengan menggunakan bahan dasar tanaman ganja.

Dalam proses pembangunan rumah yang terletak 250 kilometer dari Cannabis Valhalla, Amsterdam ini, Dun Agro mengubah tanaman ganja menjadi serat yang disebut hemp, kemudian digunakan sebagai material bangunan.

Baca Juga: Ecobricks: Ubah Sampah Plastik Jadi Selaiknya Batu Bata

Serat dari ganja yang telah diolah itu kemudian dicampur dengan air, campuran pengikat dari kapur dan lem. Campuran bahan yang disebut hemp concrete tersebut kemudian dipress dan dicetak menjadi lembaran material bangunan bio-komposit.

Menurut laman American Limetechnology, inti rami atau ‘Shiv’ yang terkandung dalam serat ganja memiliki kandungan silika tinggi yang memungkinkannya memiliki daya pengikat secara baik dengan kapur.

Hasil dari campuran serat ganja dengan bahan lainnya tersebut, mampu menghasilkan material isolasi ringan yang beratnya sekitar seperdelapan dari berat material beton.

Baca Juga: Keren! Ada Material Bangunan Masa Depan yang Terbuat dari Jamur

Dijelaskan oleh mereka, lembaran hempcrete dapat mengambang dalam air. Bahan bangunan inovatif ini diklaim cocok untuk digunakan pada konstruksi bangunan rendah.

Material serat ganja ciptaan Dun Agro tersebut memang tidak digunakan sebagai elemen struktural dari bangunan rumah.

Namun, lembaran bio-komposit yang dikenal pula dengan sebutan hempcrete itu dipakai sebagai bahan pengganti semen atau beton pada bangunan rumah, khususnya pada bagian dinding eksterior dan sisi interior.

Baca Juga: Begini Karakteristik Rancangan Rumah Tahan Gempa Bumi

Hempcrete dapat diaplikasikan pada berbagai ruangan dengan aplikasi ketebalan 20 mm. Penggunaan serat bio-komposit itu akan mendatangkan nuansa yang natural dan unik pada interior rumah.

Dalam satu tahun, Dun Agro mengklaim dapat membangun 500 buah rumah tapak dengan menggunakan serat ganja olahan itu.

Sebagai info tambahan, perusahaan itu mengklaim bahwa jenis ganja hemp yang digunakan dalam proses pembuatan hunian ini tidak memabukan dan membuat penghuni di dalamnya kecanduan, karena sama sekali tidak mengandung zat psikoaktif atau adiktif.

Tanaman ganja jenis ini dibudidayakan oleh para petani di lahan seluas 1.100 hektar di wilayah utara Belanda.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda