Inovatif, Kertas Koran Ini Bisa Berubah Jadi Tanaman Rumah yang Asri

Para pembaca surat kabar The Mainichi Shimbunsha dapat menanam kertas koran tersebut di dalam sebuah pot, dan dalam waktu beberapa minggu akan tumbuh tanaman.

Japan Mainichi Shimbun, Koran ramah lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan, inovasi koran jadi tanaman
Penerbit koran The Mainichi Shimbunsha di Jepang berinovasi membuat surat kabar yang bisa berubah menjadi tanaman hijau. (Foto: Lifegate)

RumahHokie.com (Jakarta) – Salah satu harian nasional paling terkenal di Jepang,
The Mainichi Shimbunsha, menciptakan koran ramah lingkungan yang berkelanjutan dan inovatif untuk para pembacanya.

Jika pada umumnya, kertas koran akan menjadi sampah setelah selesai dibaca, namun berbeda dengan surat kabar The Maininchi Shimbunsha. Para pembacanya dapat menanam kertas koran tersebut di dalam sebuah pot tanaman, setelah tidak digunakan lagi.

Mengutip laman Lifegate, koran tersebut terbuat dari kertas daur ulang yang didalamnya terdapat biji tanaman herbal maupun bibit sayur-sayuran.

Baca Juga: Inilah Tampilan Rumah Masa Depan Ramah Lingkungan di Mars

Japan Mainichi Shimbun, Koran ramah lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan, inovasi koran jadi tanaman
Di dalam kertas koran Mainichi Shimbunsa terkandung biji tanaman. Penggunanya, hanya perlu menyobek kertas dalam potongan kecil, kemudian di letakkan di pot. Lalu, disiram air. Maka, dalam jangka waktu tertentu, koran tersebut berubah menjadi tanaman kecil yang hijau. (Foto: Lifegate)

Para pembaca dapat menggunakan kembali dengan cara yang kreatif. Setelah selesai membacanya, mereka hanya perlu merobeknya menjadi potongan-potongan kertas kecil.

Kemudian, potongan-potongan kecil kertas koran Mainichi Shimbunsha di tanam pada wadah tanah yang ditempatkan pada pot.

Baca Juga: 5 Langkah Hadirkan Dekorasi Hunian yang Ramah Lingkungan

Japan Mainichi Shimbun, Koran ramah lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan, inovasi koran jadi tanaman
Ide surat kabar ramah lingkungan ini disusun oleh Dentsu Inc, salah satu agen periklanan terbesar di Jepang, yang bekerja dengan The Mainichi Shimbunsa. (Foto: Lifegate)

Lalu, siram potongan kertas ramah lingkungan tersebut dan dalam beberapa minggu, kertas itu akan berubah menjadi deretan tanaman dan bunga yang indah.

Adapun gagasan surat kabar ramah lingkungan ini disusun oleh Dentsu Inc, salah satu agen periklanan terbesar di Jepang, yang bekerja dengan The Mainichi.

Baca Juga: Bohlam Lampu Ini Bisa Jadi Pot Tanaman yang Keren dan Inovatif

Dikabarkan, inovasi surat kabar ramah lingkungan The Mainichi Shimbunsa telah mendapatkan respon positif dari masyarakat Jepang.

Hal itu terlihat dari sirkulasi koran tersebut yang mencapai lebih dari empat juta kopi per hari di seluruh negeri. Koran ini berhasil mencatatkan pendapatan pendapatan sekitar delapan puluh juta yen, setara dengan lebih dari USD700.000.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda