Insentif Kebijakan Pemerintah Picu Sektor Pergudangan Asia Bertumbuh

Laporan Colliers International memaparkan bahwa dukungan infrastruktur yang muncul, dan insentif pemerintah telah menempatkan sektor industri berada dalam pantauan investor dan pengembang di seluruh kawasan Asia.

Ilustrasi pasar pergudangan Asia. (Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Hong Kong) – Colliers International, konsultan real estat global mengatakan saat ini investor properti di kawasan Asia terlihat melakukan diversifikasi pada sektor pergudangan modern dan pusat data.

Dilansir dari laporan Asia Market Snapshot Q1, Colliers memaparkan bila sebelumnya banyak investor yang menanamkan modalnya untuk sektor properti konvensional, seperti perumahan dan ruang perkantoran, akan tetapi mereka kini beralih berinvestasi pada bidang pergudangan dan pusat data.

Terence Tang, Direktur Pasar Modal dan Layanan Investasi Colliers Asia menjelaskan pada tahun ini pasar properti di seluruh Asia dimulai  dengan catatan positif.

Baca Juga: Pertumbuhan Infrastruktur Kawasan ASEAN Jadi Daya Tarik Investor

Menurutnya, dengan dukungan infrastruktur yang muncul, dan insentif kebijakan yang diberikan pemerintah di negara Asia telah menempatkan sektor industri berada dalam pantauan investor dan pengembang di seluruh dunia.

“Kondisi pasar properti yang positif ini terjadi karena dukungan kebijakan pemerintah yang ramah dan adanya reformasi pajak. Selain itu, gencarnya pembangunan infrastrukur turut pula menopang permintaan di pasar properti,” ujar Terence dalam siaran pers, Rabu (24/04/2019).

Survei yang dilakukan Colliers International mencatat di Hong Kong, peluncuran kembali skema kebijakan yang mengurangi biaya dan kompleksitas pengerjaan ulang bangunan industri, diharapkan akan membuat sektor logistik menjadi menonjol pada tahun 2019.

Baca Juga: Infrastruktur Beri Dorongan Positif Terhadap Pasar Properti Asia

Sementara itu di India, reformasi kebijakan pada struktur pajak dan pengenalan layanan ‘satu pintu’ persetujuan, telah memicu minat dalam pengembangan kota-kota industri berkelas internasional.

Di Vietnam pertumbuhan pabrik dan fasilitas logistik di negara tersebut melonjak seiring dengan ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Sedangkan di Indonesia, konsultan properti global ini mengatakan pengembang properti asing terus mencari peluang investasi di Tanah Air.

Baca Juga: Implikasi Profil Penghuni Terhadap Strategi Investasi Properti Komersial

Sebagian besar developer properti bergerak di segmen pasar yang dianggap lebih aman, seperti pengembangan perumahan murah dan apartemen murah menengah.

Steve Atherton, Direktur Pasar Modal dan Layanan Investasi untuk Indonesia, menyebutkan bahwa ketika fund manager di seluruh Asia mengalihkan fokus investasi pada sektor pergudangan, investor lokal di Indonesia mencari peluang di segmen pasar yang lebih aman.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda