Inspirasi Kartini: Yuni Jie, Desain untuk Sebuah Gerakan Sosial

Melalui proyek sosial bertajuk One Fine Sky, Yuni Jie mengajak masyarakat berkontribusi dalam membantu meringankan beban siswa sekolah dasar yang kurang mampu.

Yuni Jie-RumahHokie.com-Adhitya Putra-DSC_919
Desainer Interior, Yuni Jie, (Foto : Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Jejak perjuangan R.A Kartini dalam hal emansipasi, membawa perubahan positif untuk wanita Indonesia hingga kini. Menjelang perayaan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, kami pilihkan salah satu sosok wanita inspiratif di Indonesia.

Melalui kolaborasi desain interior dan fesyen, yang diinisiasi olehnya, salah satu desainer interior wanita, Yuni Jie membuat gerakan sosial yang membantu para siswa Sekolah Dasar kurang mampu untuk mendapatkan pakaian seragam secara gratis.

“Satu tahun belakangan ini saya sedang aktif di dalam sebuah yayasan sosial yang menjalankan kampanye One Fine Sky. Kebetulan saya salah satu founder-nya,” ujar Yuni Jie, Senin (16/04/2018) di Senayan City, Jakarta.

Baca Juga : Marischka Prudence: Inspirasi Dekorasi Apartemen Ala Traveler

Proyek sosial One Fine Sky ini bekerja melalui penjualan kemeja putih. Dengan membeli satu potong kemeja putih, pembelinya secara otomatis sudah menyumbang satu set pakaian seragam untuk murid Sekolah Dasar yang kurang mampu.

Wanita bergelar Master of Industrial Design di Pratt Institute, New York ini mengatakan pada gelombang pertama, hasil penjualan One Fine Sky sudah berhasil disumbangkan ke anak-anak sekolah dasar di komunitas nelayan di Cilincing, Jakarta.

Walaupun baru satu tahun, gerakan sosial ini telah mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, termasuk para artis Tanah Air, seperti Reza Rahadian. (Foto : instagram @yunijie)

“Berikutnya kami akan berikan ke daerah Nias, komunitas Asmat dan ada panti asuhan di kota Semarang,” ucapnya menambahkan.

Ia menceritakan, ide proyek sosial yang digerakan Yuni Jie bersama temannya itu muncul karena kegundahan yang melanda dirinya.

“Waktu itu ketika ingin memasuki usia 40 tahun, saya berpikir ‘saya kerja selama ini untuk apa ya?’. Saya merasa harus balik ke komunitas atau masyarakat untuk melakukan sesuatu yang sifatnya sosial,” jelas desainer interior kelahiran 06 Juni 1977 silam.

Yuni Jie mengakui bahwa dirinya suka sekali dengan desain dan fesyen. Oleh karenanya, ia ingin menggabungkan desain dan kegiatan sosial.

“Saya ingin membuat sebuah gerakan sosial, namun yang stylish. Jadi, orang bisa menyumbang tapi tetap terlihat keren,” kata pemilik firma interior Jie Design ini.

Baca Juga : Menilik Kerennya Kantor Je Feriasthama yang Didesain Selayaknya Galeri

Salah satu karya Yuni Jie. Hampir di setiap rancangannya, ia menggunakan skema warna monocrome sebagai bagian dari identitas desainnya. (Foto : instagram @yunijie)

Tips Dekorasi Ala Yuni Jie
Walaupun dikenal dengan warna rancangan desain monochromatic, akan tetapi tak membatasi Yuni Jie dalam menggunakan skema warna lainnya pada setiap karya interior yang ia kerjakan.

Menurut dia, banyak trik-trik dekorasi bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai skema warna. “Yang terpenting jangan dipaksakan. Pilihlah warna-warna yang membuat Anda merasa nyaman di rumah,” ujarnya.

Yuni mencontohkan, pada rumah dengan ruangan kecil, maka usahakan pilihlah warna-warna yang terang, agar terkesan luas.

“Kalau mau bermain dengan tekstur, jangan terlalu heboh. Mungkin aplikasikan satu dinding saja, sehingga menjadi focal point yang mempercantik ruangan,” saran Yuni.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda