Interact Landmark Signify Ubah Tampilan Dua Ikon Jembatan di Indonesia

Dengan sistem Interect Landmark Signify, para pengguna dapat dengan mudah mengontrol luminer LED Color Kinetics berdasarkan tema pencahayaan lampu yang diinginkan.

Interact Landmark Signify, Tanjung Pinang, Samarinda
(Foto: dok. Signify)

RumahHokie.com (Riau) – Signify, perusahaan dunia di bidang pencahayaan, menggunakan sistem pencahayaan terkoneksi Interact Landmark dan luminer Color Kinetics untuk mentransformasi tampilan dua ikon kota, yakni jembatan Sei Carang di Tanjungpinang, Riau dan jembatan Mahkota II Samarinda, Kalimantan Timur.

Dengan menggunakan sistem pencahayaan Interect Landmark, penggunanya dapat dengan mudah mengontrol tema penyinaran untuk membantu meningkatkan ekonomi dan pariwisata daerah.

Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia, menjelaskan dengan sistem berbasis Cloud, setiap luminer LED Color Kinetics yang diterapkan pada dua jembatan ini dapat diatur dan dimonitor dari jarak jauh secara individu ataupun dalam kelompok, sehingga dapat menciptakan pencahayaan lampu yang unik dan dinamis.

Baca Juga: Signify Lakukan Uji Coba Teknologi Pencahayaan Berbasis LiFi

“Ini adalah contoh luar biasa, melihat cahaya digunakan untuk mengantarkan era baru desain perkotaan dan mempercanti tampilan ikon landmark,” kata Hajjar, seperti dilansir dari siaran pers, Jum’at (29/03/2019).

Jembatan Sei Carang Tanjung Pinang di Riau, membentang sejauh 225 meter persegi dan terletak di zona warisan budaya daerah tersebut.

Sedangkan, jembatan Mahkota II Samarinda memiliki jarak hingga 1,4 km. Dengan bentangan jarak itu, membuat Mahkota II sebagai jembatan terpanjang di Kalimantan Timur.

Kedua jembatan ini merupakan infrastruktur yang menghubungkan dua tepi sungai, sekaligus menjadi ikon kota yang meningkatkan ekonomi lokal, pariwisata dan kebanggaan warga setempat.

Baca Juga: Signify Terangi Landmark Kota Shanghai dengan 50 Ribu Lampu Terkoneksi

Menurut Raja Ariza, Walikota Tanjungpinang, jembatan Sei Carang saat ini hidup dengan adanya pencahayaan LED terkoneksi yang dinamis dari Signify.

“Banyak orang, baik penduduk setempat maupun wisatawan, mengunjungi jembatan untuk menikmati pencahayaan indah, yang menambah satu lagi daya tarik wisata ke Tanjungpinang untuk melengkapi pantai dan lautan kami,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, pencahayaan baru ini menarik pengunjung ke daerah yang meliputi bangunan bersejarah dari Kesultanan Riau-Lingga yang telah direncanakan pemerintah daerah untuk direvitalisasi sebagai tempat wisata warisan budaya.

Baca Juga: Terinspirasi Bunga Matahari, Signify Rilis Lampu LED Philips MyCare

Sementara itu, Hero Mardanus Satyawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Samarinda, berkomentar area jembatan Mahkota II Samarinda yang dipasangi sistem pencahayaan Signify, sekarang memberikan manfaat sosial dan ekonomi.

“Masyarakat disini sangat senang memiliki ikon jembatan kota yang baru. Sekarang, lampu warna-warni ini, memberikan lebih banyak alasan bagi mereka untuk keluar dan menikmati jembatan ini dengan bangga,” pungkas Mardanus.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda