Intiland Mulai Pembangunan SQ Res, Hunian Vertikal di South Quarter

Apartemen SQ Res mengusung tema “Oasis in the City” yang menawarkan hunian bergaya resor modern dan dilengkapi fasilitas serta area yang nyaman untuk bersosialisasi.

groundbreaking-SQ-Res-South-Quarter-Residence-Intiland-by-Anto-Erawan-RumahHokie-dok
Acara groundbreaking SQ Res dihadiri Hendro Gondokusumo, Direktur Utama PT Intiland Development, Tbk. (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) –  Melanjutkan pengembangan kawasan South Quarter seluas 7,9 hektar, PT Intiland Development, Tbk. melakukan prosesi groundbreaking Apartemen South Quarter Residence (SQ Res).

Permadi Indra Yoga, Direktur Pengembangan Bisnis Intiland mengatakan, Apartemen SQ Res melengkapi konsep pengembangan kawasan South Quarter sebagai kawasan terbaik untuk bekerja, tinggal, dan beraktivitas.

Baca Juga: Intiland dan MRT Jakarta Resmikan Park and Ride South Quarter

“Kami akan menghadirkan fasilitas hunian modern yang nyaman dan menjadi bagian dari sebuah komunitas bisnis dan gaya hidup modern,” jelas Permadi Indra Yoga saat acara groundbreaking SQ Res, Kamis (22/8/2019).

Menempati area pengembangan seluas 1,3 hektar, Intiland akan membangun dua tower apartemen setinggi 23 lantai. Masing-masing tower menawarkan 366 unit apartemen, yang terdiri dari tipe satu kamar tidur dengan luasan 36 m2 dan 45 m2. Ada pula tipe satu kamar tidur plus study room (1+1 BR) seluas 60 m2. Sementara, untuk memenuhi kebutuhan hunian yang lebih luas, tersedia tipe dua kamar tidur dengan luas 86 m2 dan 93 m2.

Baca Juga: Pantau Kondisi Pasar, Tahun Ini Intiland Ambil Langkah Konservetif

Untuk memenuhi kebutuhan hunian yang lebih luas, SQ Res memiliki tipe Dual Key dengan luasan mencapai 117 m2. Untuk tipe Dual Key ini, perseroan hanya menyediakan sebanyak 42 unit per tower, atau total sebanyak 84 unit.

“Unit-unit apartemen dipasarkan mulai Rp1,5 miliar untuk tipe satu kamar tidur, sedangkan untuk tipe tiga kamar tidur dengan Dual Key dipasarkan mulai Rp4,8 miliar,” katanya.

Oasis di Tengah Kota
Yoga memaparkan, SQ Res dikembangkan dengan mengusung tema “Oasis in the City”. Konsep ini menawarkan hunian bergaya resor modern dan dilengkapi fasilitas serta area-area yang nyaman untuk bersosialisasi, bersantai, dan berkumpul bersama teman atau keluarga.

SQ Res juga dilengkapi berbagai fasilitas, mulai sarana olahraga, seperti kolam renang, jogging track, fitness center, restoran, kafe, ruang multimedia, ruang perpustakaan, ruang pertemuan, hingga area bermain anak-anak.

Baca Juga: Intiland Luncurkan Dua Cluster Baru di Graha Natura Surabaya

Tersedia pula fasilitas sauna dan spa, ruang serbaguna, ATM Center, parkir mobil dan sepeda, studio yoga, ruang kesehatan, hingga community concierge seperti house keeping, laundry service, dan shoe & bag maintenance.

Apartemen ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan selama 24 jam yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penghuni. Untuk memenuhi kebutuhan para penghuni, apartemen ini menyediakan fasilitas supermarket dan beragam restoran terkemuka yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki di area Coca-Cola SQ Dome.

“Semua fasilitas yang tersedia memberikan kemudahkan dan kenyamanan bagi penghuni. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan cukup berjalan kaki,” ungkap Yoga.

Potensi Investasi
Pada kesempatan yang sama, Kundarso, Project Director SQ Res mengatakan, apartemen dengan nilai proyek Rp2 triliun ini akan diluncurkan dan mulai dipasarkan secara resmi pada Oktober 2019.

“Menurut rencana, tower pertama akan memasuki tahap topping off pada kuartal kedua 2021, sementara serah terima akan dimulai pada kuartal kedua 2022,” ungkap Kundarso.

Baca Juga: TB Simatupang Masih Jadi ‘Magnet’ untuk Penyewa Kantor

Menurutnya, pangsa pasar SQ Res cukup besar. Dia menggambarkan, perkantoran South Quarter saat ini menampung sekitar 7.000 karyawan.

“Bila okupansinya penuh dalam satu dua tahun ke depan, jumlah pekerjanya bisa mencapai 10.000. Itu pun belum termasuk pengunjung,” katanya. “Ini adalah potensi pasar SQ Res.”

Sementara itu, Hammy Sugiharto, Associate Marketing Director Intiland menuturkan, dengan potensi pasar yang dimiliki, SQ Res potensial dijadikan sebagai sarana investasi. Dia memperkirakan rental yield SQ Res mencapai 6% per tahun.

Baca Juga: Inilah Proyek-proyek Terlaris Intiland di Awal Tahun 2019

“Jadi, bila Anda membeli apartemen Rp1,5 miliar, dengan rental yield 6%, Anda dapat sewa Rp90 juta per tahun atau Rp7,5 juta per bulan. Angka ini masih bersaing dengan beberapa apartemen eksisting di sekitarnya,” jelas Hammy Sugiharto menjawab pertanyaan dari RumahHokie.com.

Dia mengatakan, hingga akhir tahun ini pihaknya optimistis mampu memasarkan 70% unit di tower pertama. Bagi para pembeli, Intiland menawarkan cara pembayaran installment hingga 40 kali.

“Untuk pembayaran dengan fasilitas KPA (kredit pemilikan apartemen), kami masih melakukan penjajakan dengan pihak perbankan,” pungkasnya.

Bangunan Hijau
Apartemen SQ Res merupakan kolaborasi Intiland bersama Government Investment Corporation (GIC) Singapura. GIC Singapore merupakan lembaga investasi dari pemerintahan Singapura yang menjadi mitra strategis Intiland untuk pengembangan kawasan South Quarter.

Baca Juga: Lewat #LivingConnected, Intiland Kampanyekan Penggunaan Transportasi Publik

Intiland saat ini telah merampungkan pengembangan tahap pertama seluas 4,4 hektar yang meliputi tiga tower perkantoran setinggi 20 lantai dengan luas bangunan mencapai lebih dari 123.000 meter persegi dan fasilitas ritel pendukung berbentuk kubah atau dome seluas 12.500 meter persegi. Fasilitas ini untuk memenuhi kebutuhan food and beverage serta menjadi tempat untuk melakukan interaksi bisnis.

South Quarter merupakan kawasan perkantoran terpadu yang mengedepankan konsep berkelanjutan untuk menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman dan produktif. Dengan desain yang unik dan ramah lingkungan, South Quarter telah diakui senagai bangunan hijau dan mengantongi sertifikasi GOLD dalam Design Recognition dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Baca Juga: Pasar Kurang Kondusif, Laba Bersih Intiland Capai Rp203,7 Miliar

South Quarter telah menjadi salah satu kawasan perkantoran favorit bagi banyak perusahaan multinasional. Saat ini beberapa perusahaan global terkemuka seperti Citi, General Electric, dan Tupperware telah memilih South Quarter sebagai perkantoran mereka di Indonesia.

Lokasi South Quarter tergolong dekat dengan berbagai fasilitas publik, seperti sekolah internasional, rumah sakit maupun pusat perbelanjaan. Kawasan ini dekat dengan dua stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Fatmawati dan Lebak Bulus serta dilalui tol JORR.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda