Investor Masih Aktif Mengambil Berbagai Peluang di Pasar Properti Asia

Colliers International melihat para investor asing tetap tertarik menaruh saham di berbagai sektor properti, setelah kuartal yang penuh tantangan pada bidang politik dan ekonomi.

Pasar properti Asia, Colliers International
Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

RumahHokie.com (Hong Kong) – Iklim investasi properti di pasar Asia secara keseluruhan masih menunjukan geliat positif ditengah berbagai kondisi ekonomi dan politik yang menantang di berbagai negara.

Dalam Asia Market Snapshot Q2 2019, konsultan real estat global, Colliers International, melaporkan bahwa para investor masih aktif di berbagai sektor dalam pasar properti di sejumlah negara Asia.

Terence Tang, Direktur Pelaksana Pasar Modal dan Layanan Investasi Colliers International Asia, menerangkan investor tetap tertarik menaruh saham, setelah kuartal yang penuh peristiwa politik di India dan Indonesia hingga protes di Hong Kong.

Baca Juga: Pertumbuhan Infrastruktur Kawasan ASEAN Jadi Daya Tarik Investor

“Ada banyak bukti bahwa pasar properti Asia cukup bertahan. Contohnya di Singapura yang mana investasi pada sektor komersial dan rekreasi cukup baik dan menguatkan status negara itu sebagai surga proyek komersial,”¬†kata Terence, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (25/07/2019).

Menurut Terence sektor komersial di Singapura akan terus menarik para investor dan pengembang selama kuartal berikutnya.

Hal tersebut dipicu kehadiran kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat untuk
membuka potensi investasi pada revitalisasi kawasan komersial bangunan tua.

Baca Juga: Prospek pasar properti Asia Tahun 2019 Dinilai Tetap Memiliki Peluang

Lebih lanjut dia menuturkan, pertumbuhan juga terjadi di pasar properti Jepang dan Korea Selatan. Industri e-commerce yang kini tengah ramai, membuat sektor pergudangan logistik ikut terdorong.

Colliers memperkirakan okupansi total ruang logistik di Tokyo akan meningkat lebih dari 10% setiap tahun, selama lima tahun ke depan. Sedangkan di Seoul, Korea Selatan, meningkatnya selera di antara perusahaan e-commerce untuk pusat-pusat logistik juga diperkirakan akan mendorong kegiatan akuisisi.

Pasar Properti Indonesia
Dalam surveinya, Colliers juga menilai bahwa pasar properti Indonesia berpeluang untuk berkembang di masa mendatang.

Baca Juga: Harga Apartemen di Jakarta Naik Tipis Pada Kuartal II-2019

Steve Atherton, Direktur Pasar Modal dan Layanan Investasi Colliers International Indonesia, , menyebutkan bahwa meskipun hasil Pemilu Indonesia telah diselesaikan, sentimen investor lokal tetap terjaga, sehingga mereka berharap pasar properti Tanah Air bisa segera bangkit.

Hal itu didukung pula oleh adanya pembangunan berbagai infrastruktur dan dukungan kebijakan dari pemerintah dapat menjadi stimulus yang positif.

“Peraturan baru tentang pajak barang mewah untuk properti hunian yang dikeluarkan pemerintah Indonesia, seharusnya menjadi stimulus positif untuk sektor ini pada kuartal mendatang,” pungkas Steve.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda