Ion Plasmacluster Dianggap Dapat Cegah Penyebaran Virus Corona

Melalui uji coba yang dilakukan Sharp, ditemukan bahwa teknologi Plasmacluster mampu menonaktifkan feline corona virus (FCoV), yang merupakan keturunan dari famili Coronoviridae.

Sharp Air Purifier, menangkal virus corona, mencegah virus untuk masuk ke rumah, virus Corona
Teknologi ion Plasmacluster dianggap dapat menangkal virus berbahaya, seperti virus corona untuk masih kedalam rumah. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Wabah virus corona yang bermula di Wuhan, China terus menyebar dan mengancam keselamatan jiwa manusia di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Virus pembawa pneumonia itu menyebar melalui udara.

Lantas bagaimana pencegahannya? Seperti dilansir dari WHO, sejumlah langkah pencegahan dini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan.

Pencegahan lain yang tak kalah efektif adalah dengan memperbaiki dan menjaga sirkulasi udara sehat di dalam hunian.

Baca Juga: Sharp Kunjungi Empat Kota untuk Kenalkan Konsep Hidup Pintar Melalui AIoT

Pada tahun 2004 lalu, produsen elektronik asal Jepang, Sharp Corporation melakukan uji terhadap efektivitas teknologi Plasmacluster dalam menonaktifkan bahan berbahaya yang menjadi penyebab munculnya penyakit melalui medium udara.

Melalui uji coba tersebut, ditemukan bahwa teknologi Plasmacluster mampu menonaktifkan feline corona virus (FCoV) yang merupakan keturunan dari famili Coronoviridae.

“Hasil penelitian menyatakan bahwa 99,7% virus yang terpapar ion Plasmacluster berhasil tidak aktif dalam jangka waktu 40 menit,” tutur pihak Sharp, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (30/01/2020).

Baca Juga: Sharp Umumkan Teknologi Plasmacluster Mampu Kurangi Risiko TBC

Lebih lanjut, mereka mengatakan ion Plasmacluster mampu melumpuhkan virus dan mengatur kapasitasnya dalam menginfeksi tubuh.

Dengan melepaskan ion positif (H+ (H2O)m) dan ion negatif (O2 (H2O) n) ke udara pada saat yang bersamaan, secara efektif dapat membentuk OH yang teroksidasi hingga mampu memecah protein pada permukaan mikroba di udara dan melumpuhkannya.

Manajemen Sharp berujar ion Plasmacluster juga mampu menonaktifkan penyebab alergi,seperti debu rumah dan menghilangkan bau tak sedap yang muncul dari asap rokok, binatang peliharaan, sampah, toilet, dan lainnya.

Baca Juga: Sharp Bantu Korban Banjir, Gelar Layanan Kesehatan dan Servis Gratis

Teknologi Plasmacluster dapat dijumpai pada 14 tipe produk home appliances Sharp, seperti Air Purifier, AC, lemari es, dan Ion Generator.

Pada produk Air Purifier, Sharp mengeluarkan jajaran terbaru dari tipe FP-J80Y-H yang kini telah dibenamkan dengan teknologi AIoT (Artificial Intelligence of Things).

“Dengan Air Purifier FP-J80Y, konsumen dapat memantau kualitas udara di dalam ruangan dari genggaman ponsel melalui konektivitas wifi dan aplikasi Smart Operation by Sharp Air,” tandasnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda