Jababeka Residence: Kawasan Industri Itu Kini Menyasar Kelas Atas

Kawasan Industri Jababeka kini bertransformasi menjadi kawasan residensial dan komersial terlengkap yang menyasar kelas atas dengan nama Jababeka Residence.

Jababeka Residence - rumah deret - rumahhokie - dok
Foto: Dok. Jababeka

RumahHokie.com (Cikarang) – Dikembangkan sejak 1989, Kawasan Industri Jababeka kini bertransformasi menjadi sebuah kawasan residensial dan komersial terlengkap yang menyasar kelas atas dengan nama Jababeka Residence.

Berada di atas lahan seluas 5.600 hektar, proyek yang dikembangkan PT Jababeka Tbk. di kawasan Cikarang ini merangkum apartemen, pusat bisnis dan komersial, lapangan golf, convention centre, sarana olahraga, universitas, serta rumah sakit, yang akan terkoneksi dengan Commuter Line, feeder bus, dan tiga akses tol.

“Jababeka Residence merupakan kawasan pengembangan kelas menengah atas yang dalam waktu dekat akan segera bertransformasi ke kelas atas,” jelas Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang, Selasa (21/2/2017).

Baca Juga: Mulai Dibangun, Apartemen Riverview Bantu Program Sejuta Rumah

Menurutnya, perkembangan Jababeka Residence disebabkan terbukanya akses kawasan tersebut.

“Kita sangat diuntungkan karena pemerintah saat ini memfokuskan pengembangan infrastruktur di timur Jakarta, termasuk area Jababeka, seperti rencana pembangunan dua stasiun Commuter Line Jabodetabek di Cikarang Utara, dekat Kota Jababeka, termasuk jalur MRT (mass rapid transit), LRT (light rail transit), dan kereta cepat  (high speed train), Cikarang,” kata Sutedja.

Dia berharap, pengembangan yang dilakukan Jababeka Residence akan mampu membuat citranya bertransformasi dari kawasan industri modern menjadi kawasan terpadu eksklusif.

“Pengembangan dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan progres yang baik. Hal ini terlihat dari pembangunan fasilitas komersial yang lengkap dan variasi produk properti yang banyak untuk hunian maupun investasi. Hal ini tentunya sesuai rencana jangka panjang dari perseroan untuk menjadikan Kota Jababeka Cikarang sebagai kawasan kota mandiri terpadu berwawasan lingkungan dan eksklusif,” papar Sutedja.

sutedja sidarta darmono 2 - jababeka residence - rumahhokie - dok
Sutedja Sidarta Darmono (Foto: Dok. Jababeka Residence)

Superblok Movieland
Menjadi tempat berbisnis bagi lebih dari 1.650 perusahaan multinasional dari 30 negara, Jababeka Residence menampung 700 ribu pekerja dengan populasi mencapai satu juta jiwa.

Salah satu kawasan yang tengah dikerjakan adalah superblok Movieland. Kawasan mixed-use development ini memiliki area bisnis, komersial, dan hunian. Selain dekat dengan Plaza Indonesia dan 18-hole golf course, superblok ini dilengkapi dengan supermarket, hotel berbintang, sekolah dan universitas, perkantoran dan area kuliner.

Di area Movieland akan dibangun Elvis Tower yang  menawarkan 384 unit tipe studio seluas 24 m2. Saat diluncurkan, apartemen ini ditawarkan mulai Rp280 juta per unit. Saat ini, harganya mencapai Rp400 jutaan.

Menyusul Elvis Tower, akhir 2016 dirilis Monroe Tower. Apartemen 14 lantai ini terdiri dari dua tipe: studio (322 unit) dan 2 bedroom (56 unit). Ditawarkan mulai Rp300 jutaan, Monroe Tower merangkum 378 unit kamar. Dalam waktu dekat, akan diluncurkan apartemen Monroe Tower tahap 2.

Masterplan Kota Jababeka residence 2- rumahhokie - dok
Masterplan Kota Jababeka (Foto: Dok. Jababeka)

Mayfair Estate & Parklands
Tahun ini, Jababeka Residence akan memperkenalkan area komersial Hollywood Junction. Lifestyle center seluas dua hektar ini dirancang dengan konsep semi terbuka (alfresco dining) yang diisi 20 tenant, lengkap dengan amphitheater, sociality store, salon, dan supermarket.

Jababeka Residence juga akan menghadirkan superblok Mayfair Estate & Parklands yang ditargetkan selesai pada 2019. Megaproyek 12 hektar ini berisi pusat belanja, dua hotel bintang lima, kapel, ruang konvensi, serviced apartment, 9 menara apartemen, dan gedung perkantoran.

Proyek hasil kolaborasi antara PT Plaza Indonesia Realty Tbk. dengan PT Grahabuana Cikarang ini tengah menapaki tahap pembangunan struktur bangunan.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda