Jangan Asal Pilih Atap Rumah! Pertimbangkan Hal Ini Terlebih Dahulu

Memilih atap rumah bukan hanya perkara melihat warna, desain, dan harga saja. Akan tetapi kekuatan pada atap dan strukturnya pun harus menjadi pertimbangan yang utama.

Jangan Asal Pilih Atap Rumah! Pertimbangkan Hal Ini Terlebih Dahulu
(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Atap merupakan bagian yang penting pada sebuah bangunan rumah. Fungsinya sebagai pelindung para penghuni bangunan, agar tak terkena paparan cuaca panas maupun hujan, sekaligus menjadi elemen estetika untuk hunian.

Memilih atap rumah bukan hanya perkara melihat warna, desain, dan harga saja. Akan tetapi kekuatan pada atap dan strukturnya pun harus menjadi pertimbangan yang utama.

Lantas, poin-poin apa saja sih yang juga Hokie People harus perhatikan secara baik ketika memilih material atap untuk rumah? Simak tips berikut ini.

Baca Juga : Atap Rumah Ditumbuhi Jamur? Begini 3 Cara Membersihkannya

Perhatikan kekuatan bangunan
Sebelum memutuskan untuk membeli material atap tertentu, tanyakanlah terlebih dahulu kepada kontraktor rumah Anda apakah pondasi dan rangka atap yang digunakan
akan cukup kuat untuk menahan beban berat dari genteng yang dipilih. Jika dilihat dari bebannya, atap material beton dan tanah liat memiliki bobot paling berat dan akan membebani pondasi.

Desain bangunan
Ketika sudah memastikan kekuatan bangunan, pertimbangkan pula dengan gaya desain rumah. Setiap material atap biasanya memiliki model yang berbeda.

Jika rumah Anda memiliki gaya arsitektur klasik, maka atap bitumen akan sangat menunjang tampilan. Untuk rumah bergaya etnik tradisional dan bertema alam, atap sirap kayu atau atap rumbia adalah pilihan yang cocok.

Baca Juga : Sun Louvre, Rangkaian Konstruksi Atap Buat Hunian Tampil Menawan

Kemampuan tukang
Sebagian jenis atap memerlukan keterampilan khusus dalam memasangnya, yang belum bisa dilakukan oleh tukang biasa. Misalnya saja, pemasangan atap metal dan atap sirap tentu tidak sama dengan cara pemasangan atap tanah liat. Nah, pastikan kemampuan tukang bangunan yang Anda gunakan bisa memasang jenis atap yang telah dipilih.

Perhatikan iklim dan cuaca di lingkungan rumah
Karena fungsi atap sebagai pelindung dari paparan cuaca, maka perhatikanlah karakter iklim di lingkungan seperti apa. Untuk rumah dengan tekanang angin maka sebaiknya pilih atap yang agak berat dan bisa terpasang kuat. Jangan pilih material atap metal yang mudah lepas.

Pilihan warna juga sangat berpengaruh. Warna gelap tidak cocok untuk daerah tropis karena warna gelap mudah menyerap panas.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda