Kehabisan Lilin Saat Listrik Padam? Ini Dia Tips Membuat Lampu Darurat di Rumah

Ketika listrik padam dan lilin di warung habis, sebenarnya Anda masih bisa memanfaatkan barang barang lain yang tersedia di rumah untuk digunakan sebagai lampu darurat.

Pemadaman listrik, tips mati listrik, mati lampu, penerangan lilin, PLN, Listik pulau jawa mati
Ilustrasi penggunaan lilin untuk penerangan saat pemadaman listrik.(Foto: Kykrja)

RumahHokie.com (Jakarta) – Padamnya aliran listrik PLN serentak di wilayah Jabodetabek dan sejumlah daerah lainnya pada Ahad lalu, membawa berkah tersendiri bagi penjual lilin.

Banyak warga memakai lilin untuk pencahayaan darurat di rumah sebagai antisipasi dari mati lampu yang terjadi. Dengan tingkat permintaan yang melonjak drastis, berdampak pada stok lilin habis terjual di warung klontong dan mini market.

Ketika listrik mati dan lilin di warung habis, jangan panik. Sebenarnya Hokie People masih bisa memanfaatkan barang-barang lain yang tersedia di rumah untuk digunakan sebagai lampu darurat lho.

Baca Juga: Hotel Jadi Pilihan Tinggal Selama Listrik Padam, Ini Alasannya

Melansir dari Vivanews ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar masih bisa mendapatkan pencahayaan alternatif disaat hunian mengalami pemadaman listrik. Simak penjelasannya berikut ini.

Gunakan kapas dan minyak goreng
Hampir disetiap rumah biasanya tersedia kapas untuk untuk membersihkan muka. Nah, untuk mengantisipasi kelangkaan lilin, gunakanlah kapas dan minyak goreng.

Anda dapat menggunakan dua bahan itu menjadi lampu darurat  ketika aliran listrik padam. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, seperti selembar kapas, peniti, piring keramik, dan minyak goreng.

Baca Juga: Benarkah Menyalakan Lampu Saat Tidur Pengaruhi Kesehatan Tubuh?

Untuk proses pembuatannya, masukkan sejumput ujung kapas ke dalam lubang peniti. Bagian ujung ini yang akan menjadi lidah api, sedangkan sisanya sebagai sumbu.

Kemudian tuang minyak goreng ke dalam piring. Celupkan sumbu kapas dan basahi bagian ujungnya dengan minyak goreng. Lalu, nyalakan dengan korek api. Maka, lampu penerangan darurat siap digunakan.

Manfaatkan krayon anak sebagai lilin
Disaat lampu rumah mati dan tidak ada pencahayaan darurat, Hokie People bisa pula memanfaatkan krayon milik anak sebagai lilin alternatif.

Baca Juga: Tips Menghemat Penggunaan Air di Rumah Ketika Musim Kemarau

Cukup nyalakan bagian yang runcing dengan korek api. Kemudian, biarkan krayon terbakar. Agar tidak lelehan krayon tidak menetes dan mengotori lantai rumah, beri wadah piring keramik. Satu krayon dapat menerangi ruanga selama beberapa jam.

Padukan headlamp dengan botol yang terisi air
Jika Anda memiliki senter kepala (headlamp) di rumah, segeralah untuk menggunakannya sebagai lampu darurat yang menyinari ruangan.

Agar pendar pencahayaannya dapat maksimal, gunakan headlamp yang dipadukan dengan botol berisi air. Ikat headlamp menghadap ke arah dalam botol plastik yang berisi air. Dengan cara tersebut, sinarnya dapat memancarkan cahaya lebih luas. Jika tak ada headlamp, Anda dapat pula menggunakan senter baterai atau ponsel.

 

Selamat mencoba, ya Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda